WRC 2021 Estonia: Ott Tanak Out di Kandang Sendiri, Rovanpera Bawa Yaris ke Level Atas

Jum'at, 16/07/2021 23:36 WIB

mobilinanews (Estonia) - Prediksi sebelumnya, Ott Tanak (Hyundai) dan driver muda Toyota Kalle Rovanpera (Finlandia) berpeluang menjuarai Rally Estonia pada akhir pekan ini tak terwujud.

Baru pada hari pertama, ternyata Tanak sebagai local hero sudah harus pamit mundur. Namun Rovanpera sementara teratas.

Hari pertama reli pada Jumat (16/7/2021) dilalui kekecewaan mendalam Tanak dan seluruh kru tim Hyundai Motorsport.

Harapan mendulang poin penuh sirna di akhir SS3 karena kerusakan pada ban, dan pada momen berikutnya lebih parah lagi: mobil meluncur ke luar lintasan dengan kerusakan parah di beberapa bagian. 

Tanak gagal lanjutkan lomba sekaligus mengecewakan banyak fans tuan rumah yang sudah menanti dengan bekal bendera Estonia di tangan.

"Sangat menyedihkan. Besok (Sabtu, 17/7/2021) kami kembali ke lintasan dan berusaha memetik poin sebisanya," kata juara dunia 2019 yang sesuai aturan memang bisa masuk lomba lagi pada etape berikutnya, namun jelas sudah tertinggal sangat jauh karena melewatkan 6 Special Stage (SS) dari 9 SS pada hari pertama.

Hal sebaliknya pada Rovanpera. Pereli Finlandia berumur 20 tahun dan juga berdomisili di Estonia sangat menyukai dan hapal trek reli ini seperti halnya Tanak.

Sejak awal Rovanpera diperkirakan jadi pesaing utama Tanak meraih gelar juara mengingat performa apiknya musim lalu di sini.

Dari 9 SS hari ini, 7 di antaranya dimenangkan oleh Rovanpera. Hanya SS2 (Tanak) dan 8 (Craig Breen) yang jadi milik tim Hyundai.

Ini jadi bukti awal betapa Rovanperra memang layak membidik gelar juara perdananya di kancah WRC pada edisi Rally Estonia ini.

"Seperti saya katakan sebelumnya, saya sangat suka trek cepat seperti ini. Yaris juga cocok dengan karakter lintasan di sini. Tapi, perjalanan masih panjang. Saya harus tetap fokus," ujar driver masa depan tim Toyota Gazoo Racing itu.

Usai SS9 malam ini, Rovanpera memimpin hasil kejuaraan sementara di tempat teratas, unggul 8,5 detik atas Breen di tempat kedua dan 53,4 detik atas pereli Hyundai lainnya, Thierry Neuville.

Dua pereli unggulan Toyota yang juga memimpin klsemen kejuaraan dunia sementara, Sebastien Ogier dan Elfyn Evans, berada di rutan 4 dan 5. Keduanya sudah sangat jauh teetinggal dari Rovanpera.

Selisih waktu Ogier dengan Evans 15,7 detik. Dengan 15 SS sisa pertarungan, duel internal Toyota ini jadi daya tarik tersendiri karena keduanya bersaing di pucuk klasemen sementara. (rnp)

 

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh