Candra "Bomba" Koto, Tokoh Otomotif Senior Ranah Minang Itu Telah Berpulang

Sabtu, 17/07/2021 18:08 WIB

mobilinanews (Padang) - Insan otomotif di Ranah Minang terhenyak pada Sabtu (17/7/2021) dini hari. Kabar duka datang dari istri Candra Koto yang menyebutkan suaminya telah meninggal dunia sekitar pukul 3:30 WIB. Dunia pun serasa berhenti berputar.

"Rasanya seperti tak percaya. Sebab tadi malam saya masih ngobrol bertiga sambil ngopi bareng di Kawasan Gantiang Padang," ungkap Tridiya Andra yang justru mendengar pengumuman dari speaker Masjid Raya Gantiang. Andra adalah Wakil Ketua Komisi Olahraga Sepeda Motor di IMI Sumbar.

Setelah dikonfirmasi, benar adanya Candra Koto telah berpulang ke Rahmatullah karena serangan jantung. Pria kelahiran 1972 ini pergi meninggalkan dua orang anak dan seorang istri. Ranah Minang kehilangan tokoh otomotif.

Rumah Duka di Jalan Seberang Padang III No.9 dipenuhi kerabat dan rekan Bomba, panggilan akrab almarhum.

"Sebetulnya sudah ada gejala penyakit jantung. Dokter menyarankan pasang cincin (ring), tapi almarhum belum bersedia," tutur Ucok Sijabat, sobat dekat Candra Koto.

Di kalangan otomotif Sumbar, Bomba cukup dikenal dan familiar. Pemilik lisensi Balap Motor dan Grasstrack ini sudah eksis sejak lama dan sering berada di sirkuit sebagai juri.

"Kita kehilangan sosok senior yang menjadi panutan. Beliau sering menyampaikan bagaimana agar otomotif di Sumbar bisa maju dan berkembang. Jangan lagi saling menghujat dan memaki. Lebih baik kita bersatu," sebut Defri Nasli, Ketua Pengprov IMI Sumbar mengenang pesan almarhum.

Dalam organisasi, Candra Koto sebagai Wakil Ketua Komisi Keanggotaan di Pengprov IMI Sumatera Barat.

Tugas terakhirnya sebagai Wakil Pimpinan Perlombaan pada Kejurnas Motoprix Region A Putaran II di Sawahlunto. Hanya sayang, event yang sedianya dilaksanakan 5-6 Juni 2021 itu diundur pelaksanaannya karena Covid-19.

Kini, Bomba telah tiada. Kita kehilangan tokoh yang banyak memberikan masukan dan nasehat bermaksud tidak menggurui.

Kadang almarhum sering mengeluarkan kritikan positif dan konstruktif. Semuanya demi kemajuan otomotif di Ranah Minang. Semua merasa kehilangan.

Selamat jalan, bang Bomba. (BangVe)
 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag