Bernie Ecclestone: "Hukuman Untuk Hamilton Tak Sesuai Dengan Kejahatannya...!"

Kamis, 22/07/2021 21:36 WIB

mobilinanews (Inggris) - Mantan juragan F1 Bernard `Bernie` Ecclestone akhirnya nimbrung komentar soal insiden tubrukan Lewis Hamilton dengan Max Verstappen di GP Inggris lalu.

Salah satu konglomerat Inggris ini menyalahkan stewards yang menghukum Hamilton hanya penalti 10 detik saja.

Meski sesama Inggris, Ecclestone sama sekali tak membela Hamilton. Ia tak sependapat kejadian itu disebut racing accident sebagaimana disebut sejumlah pengamat F1 Inggris. Itu murni kesalahan pembalap Mercedes itu dan karena itulah ia layak dihukum stewards.

"Lewis tak berada di depan saat mereka bertabrakan. Tikungan itu bukan miliknya. Sudutnya milik Max. Jaraknya hampir satu mobil di belakang. itu sebabnya benturan terjadi di bagian belakang mobil Max, bukan di depan," kata Ecclestone.

Ya, saat kejadian, W12 milik Hamilton memang berada di belakang RB16B besutan Verstappen. Pembalap Red Bull Honda ini berusaha pertahankan posisi terdepan saat Hamilton berusaha menyalipnya.

Hamilton tak mengelak dan tetap pada jalurnya. Membuat roda belakang kanan Verstappen menghajar roda depan kiri Hamilton. Roda milik Verstappen copot dan terbang. Mobil tak terkendali menuju dan menabrak dinding lintasan. Remuk.

Sementara Hamilton tetap bisa melaju dan akhirnya muncul sebagai juara. Ia dianggap melakukan `kesalahan yang profesional` karena paham betul akibat dari manuvernya terhadap mobil rival dalam situasi saat itu.

Posisinya lebih menguntungkan dibandingkan mobil lawan yang tengah membelok dan mudah hilang keseimbangan.

Dari kronologi itu, kata Ecclestone, Hamilton berada di pihak yang salah. Hanya saja stewards pun salah memberikan hukuman.

"Jelas semua orang melakukan yang terbaik untuk memenangkan kejuaraan. Tapi, bukan dengan cara melibatkan stewards. Seharusnya Lewis dihukum 30 detik, bukan 10 detik. Itu tidak tepat. Hukumannya tidak sesuai dengan kejahatannya," tegas mantan penguasa F1 selama 40 tahun itu.

Sayangnya, ia bukan lagi siapa-siapa di kancah balap F1. Suaranya tak lagi berpengaruh.

Hanya saja omongan Ecclestone menjadi salah satu bukti bahwa putusan yang dijatuhkan Michael Masi (F1 Race Director) dan pimpinan lomba lainnya itu memang kontroversial. (rnp)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap