Lolos Rok Cup Final 2021 ke Italia, Daffa AB Putuskan Tidak Berangkat, Ternyata Ini Alasannya!

Sabtu, 24/07/2021 21:39 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Daffa Ardiansa atau lebih populer dengan Daffa AB termasuk 1 dari 5 pegokart Indonesia yang lolos mewakili Indonesia ke ajang kejuaraan dunia Super Rok Final 2021.

Namun, pegokart yang memimpin klasemen sementara kelas Junior Kejurnas Eshark Rok Cup 2021 ini, setelah menimbang-nimbang akhirnya memutuskan tidak mengikuti event di ke sirkuit South Garda, Lonato, Italia, 13-16 Oktober depan. 

Irjen (P) Anang Boedihardjo, ayahanda sekaligus manajer pribadi Daffa AB menyampaikan beberapa hal terkait keputusan tidak berangkat tersebut. 

"Bukan bermaksud apa-apa, apalagi mempengaruhi yang lain. Yang pasti, ini murni alasan kami sendiri setelah berdiskusi dengan Daffa," ungkap Irjen Anang kepada mobilinanews.  

"Pertama, rencananya tahun depan Daffa akan mulai turun di ajang balap mobil Brio, sehingga sudah akan mulai melakukan latihan dalam waktu dekat di sirkuit Sentul. Sehingga saya prioritaskan dana yang ada untuk penyiapan mobil Brio," ujar Irjen Anang.

Alasan kedua, lanjut Irjen Anang, situasi masih pandemi di Indonesia maupun di negara-negara lainnya. Jadi rasanya kurang nyaman kalaupun harus pergi.

"Lalu, Daffa sudah pernah 2 tahun berturut-turut ke event Rok Cup Final di Italia. Dan, untuk bersaing tingkat dunia sangat berat sekali. Jadi saya pertimbangkan untuk sementa biar di tingkat Asia saja dulu karena dia baru 1 tahun lebih naik ke kelas Junior serta belum pernah ikut kejuaraan di tingkat Asia" terang Irjen Anang.

Di samping itu, tambahnya, biaya yang diperlukann untuk memenuhi kebutuhan mulai dari perjalananan, akomodasi dan lain-lainnya sangat tinggi. Seperti diketahui, bagi yang lolos ke Rok Cup Final, fasiltas gratis dari panitia berupa biaya pendaftaran, mesin dan ban.

Menanggapi hal itu, Ade Satyaningtyas dari promotor nasional Eshark Motorsport menyebutkan sejauh ini memang hanya Daffa yang tidak berangkat.

"Apakah nanti digantikan pegokart peringkat di bawahnya atau bagaimana, segera kami kirim press releasenya," ujar Ade Satyaningtyas.

5 pegokart yang dinyatakan lolos ke Rok Cup Final 2021 mewakili kelasnya Qarrar Firhand, Kimi Rae Fitriansyah (Mini Rok), Daffa AB (Junior), Prassetyo Hardja (Senior) dan Eris Mahpud (Expert).

Para pegokart yang berlaga di kelas Junior ajang Kejurnas Eshark Rok Cup 2021 adalah Daffa AB, Kaenan Rito Sini, Kanaka Azarel Gusasi, Aditya Wibowo serta Michael Orlando Kurniawan. (wan)  

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda