Elite Class BDR 2021 : Momentum Daffa, Histori Moreno dan Pekerjaan Rumah Jaka Siswoyo!

Rabu, 28/07/2021 01:19 WIB

Oleh : TebeF1 (Sim Racer Senior dan Race Commentator) 

mobilinanews (Jakarta) - "Judulnya perebutan titel Juara di Elite Class BDR (Balap di Rumah) 2021 Season 2 Bakal sangat Seru! Emang tahun ini, di Season 2 ini, dipastikan lebih seru dan susah ditebak, siapa yang bakal memboyong gelar kelas paling bergengsi itu.  

Pasalnya, karena tiga nama yang bersaing perebutan tempat teratas yaitu Moreno Pratama, Daffa AB dan Jaka Siswoyo sama-sama pernah menjadi juara round, runner up dan juara tiga. Moreno P1 di round 1, Jaka P1 di round 2 dan Daffa P1 di round 3.

Tiga nama itu sudah saling sharring posisi 1,2,3 pada ronde 3 awal. Dan, sebetulnya, ketiganya memiliki poin sama yaitu 67.

Tapi di sini, Moreno di ronde 1 dan ronde 2 pegang pole position sehingga poinnya plus 2, di ronde 3 secara mengejutkan Daffa merebut pole jadi poin tambah 1. Sehingga Moreno mengoleksi 69 poin, Daffa 68 dan Jaka 67.

Nah, di sini persaingan sangat-sangat seru terjadi, hanya terpaut 1 poin dari masing-masing driver. Ini akan membuat balapan ronde 4 di Nurburgring Sprint hari Minggu (1/8/2021) nanti ibaratnya siapapun dari ketiganya yang bisa juara, itulah pemenangnya. The winner take all . 

Akan sangat seru kalau ketiganya masih bisa bersaing di perebutan podium pada round 4 BDR 2021 Season 2 akhir pekan ini. 

Di sini, saya mau analisa sedikit. Dari tiga race awal yang progressnya bagus, ya Daffa AB. Performancenya selalu meningkat dengan juara ketiga di ronde 1, juara kedua di ronde kedua dan juara satu di ronde ketiga.

Daffa momentumnya lagi sangat-sangat bagus, dan selalu memberikan performa meningkat. Jika Daffa bisa menjaga, mempertahankan momentumnya, dan juga moodnya, kans juara di ronde keempat cukup besar.

Kans Jaka Siswoyo bagaimana? Juga masih terbuka. Dia pembalap cepat, agresif, termasuk saat start, dan di balapan sangat konsisten.

Hanya saja, kemarin di  Ronde 3 dia agak kehilangan taste-nya. Ketat bersaing dengan Fickry Segeir sebelum bisa mengamankan podum (juara tiga). Dan, Jaka ketinggalan cukup jauh dari 2 rivalnya : Daffa dan Moreno.

Secara hitung-hitungan peluang Jaka agak di bawah. Kalau mau juara, dia harus bisa membalikkan keadaan, dan dibutuhkan kerja keras  menyelesaikan Pekerjaan Rumah yang lumayan berat.

Bagaimana dengan Moreno? Sebagai juara bertahan, dia punya keuntungan karena ronde 4 dilangsungkan di sirkuit Nurburgring Sprint di mana dia memiliki track record bagus.

Catatan saya, dia nggak pernah kalah di Nurburgring Sprint, selalu on fire, meninggalkan lawan-lawannya serta nyaris tidak pernah buat kesalahan elementer. 

Lap by laps, pacenya juga sangat luar biasa. Meninggalkan jauh. Ini akan menjadi keunggulan bagi Moreno. Apabila dia bisa menunjukkan perfoma terbaiknya, kans juara sangat terbuka. 

Apakah secara performance Moreno bisa mengambil keuntungan dengan BMW M4 GT4 yang akan dipakainya balap nanti, itu yang harus dipecahkan. Bila Moreno bisa mengambil gelar juara, dia akan menjadi sim racer pertama yang  mempertahankan gelar di event Balap di Rumah.

Para juara di gelaran Ramadhan Rally di Rumah dan Balap di Rumah adalah Moreno Pratama, Arwin Taruna dan Jaka Siswoyo. Itu tentu juga berlaku bagi Jaka. Jika ternyata dia yang juara, sejarah itu akan lahir.

Untuk pembalap lain, sebenarnya juga masih ada kans mesti sangat kecil, untuk Rama Danindro dan Anindyo Dwiki. Dengan catatan, diantara mereka juara 1, sedangkan trio Moreno, Daffa dan Jaka harus turun ke bawah sekali dan tidak mendapatkan poin. Jadi persentasinya sangat kecil juaranya di luar 3 nama itu.

Yang jelas, baik Daffa, Moreno maupun Jaka memiliki keunggulan masing-masing. Momentum di daffa, histori di Moreno dan Jaka Siswoyo harus bisa fight dengan 2 pembalap muda yang lagi on fire : Daffa AB dan Moreno Pratama.

Mudah-mudahan akan menjadi balapan yang seru, persaingan hingga ke garis finish. Winner take all." (*)

TERKINI
Tips Membeli Mobil Matic Bekas dengan Cerdas untuk Kebutuhan Mobilitas Sehari-hari OnePrix 2024 Palopo : Andi Gilang Main di Home Race, Digadang Berjaya Di Tanah Kelahiran Bulukumba Sulawesi Selatan Penjualan Suzuki Melonjak 14 Persen di Maret 2024, Cermin Meningkatnya Kepuasan Pelanggan Ban Goodyear Kini Hadir di B-Quik, Berik anKenyamanan Lebih Untuk Konsumen