F1 2021 : Ribut Lagi! Red Bull Banding Kasus Silverstone ke FIA, Langsung Sidang di Budapest!

Selasa, 27/07/2021 22:19 WIB

mobilinanews (Inggris) - Kasus tubrukan Max Verstappen dengan Lewis Hamilton bukannya makin adem, tapi terus dan terus semakin panas. Kini, secara resmi tim Red Bull ajukan protes sekaligus banding atas putusan stewards GP Inggris.

Sejak awal, Red Bull Honda merasa putusan stewards tak adil karena menghukum Hamilton hanya 10 detik plus point penalty 2 angka pada lisensinya. Di sisi lain, Verstappen harus berhenti balapan, malah ke rumah sakit untuk pemeriksaan medis.

Hamilton pun kemudian juara di Silverstone sekalgus memangkas angka di klasemen yang tadinya 33 kini hanya tertinggal 8 poin dari Verstappen.

Diam-diam, ternyata Red Bull memasukkan protes resmi kepda FIA pada Jumat lalu sekaligus minta peninjauan ulang kasus tersebut.

Dalam regulasi F1, permohonan review dimungkinkan jika Red Bull punya informasi atau bukti baru yang tidak dipertimbangkan stewards saat mengambil keputusan.

Sepertinya, Red Bull punya kekuatan itu. Buktinya FIA menerima permohonan ini dan menjadwalkan sidang pada Kamis (29 Juli 2021) pukul 16.00 waktu lokal menjelang GP Hungaria di Budapest. Di forum ini stewards akan bertemu dengan Verstappen dan Hamilton plus perwakilan dari masing-masing tim.

Dalam 10 hari terakhir, insiden Silverstone memang mengundang berbagai pendapat para pengamat maupun fans. Pro dan kontra antara pendukung Verstappen dan Hamilton.

Komentar paling tajam diluncurkan mantan penguasa F1 Bernie Ecclestone. Dengan posisi mobil Hamilton berada di belakang mobil Verstappen sebelum dan saat kejadian, katanya, jelas kesalahan pada Hamilton. Itu sebabnya roda belakang Verstappen bersentuhan dengan roda depan Hamilton.

"Hukuman Hamilton tak sebanding dengan kejahatannya," kata Ecclestone.

Team Principal Mercedes Toto Wolff berusaha bijak menyikapi banding yang diajukan rivalnya dan diterima FIA.

"Setiap orang boleh mempunyai pendapat sendiri soal insiden Silverstone. Namun yang terpenting adalah Max selamat dari kecelakaan itu. Tidak pernah menyenangkan melihat mobil kita ditabrak. Terutama dalam kecepatan tinggi dan di tikungan seperti itu. Jadi, kami senang ia keluar dari mobil tanpa cidera," kata Wolff.

Belum diketahui siapa yang akan mendampingi Vertappen dan Hamilton pada pertemuan Kamis nanti. Namun siapa pun itu pasti sudah menyiapkan bahan-bahan penting untuk diperdebatkan. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Motor Sering Tersendat-sendat atau Brebet? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya, Buruan Cek! Suzuki Swift 2024, Kombinasi Sempurna Gaya, Kenyamanan dan Performa dengan Harga Terjangkau Chery Group Cetak Total Penjualan 182.049 Unit April 2024, Meningkat 43,7 Persen Dibanding Tahun Lalu Pembalap Honda Alex Palou Puncaku Klasemen IndyCar Series 2024 Jelang Series Historis Indy 500 di Indianapolis