Kanaka Gusasi Bersiap ke Italia Ikuti Rd 2 CIK Karting Academy Trophy, Dipuji Bisa P23 Saat di Jerman!

Sabtu, 07/08/2021 21:53 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pegokart Kanaka Azarel Gusasi (13 tahun) bersiap mengikuti putaran 2 FIA CIK Karting Academy Trophy 2021 di sirkuit Adria Raceaway, Italia, 13-15 Agustus 2021.

"Iya, kami akan berangkat ke Italia pada Senin (9/8/2021) lusa, mengikuti putaran 2 FIA CIK Karting Academy Trophy. Target, bisa menembus final seperti pada putaran 1 di Jerman, medio Juni 2021 lalu," ungkap Andre Gusasi, ayahanda dan manajer pribadi Kanaka kepada mobilinanews.

Saat bertanding di Prokart Circuit Wackersdorf, Jerman

Target yang realistis. Pasalnya, event tahunan untuk para juara nasional kelas Mini di seluruh dunia ini diikuti 51 pegokart dari 50 negara.

"Saat di Jerman, Kanaka masuk fase Final untuk 36 besar dari seluruh peserta 51 pegokart. Dan, selama 3 sesi elimination, dia selalu lolos ke babak selanjutnya," terang Andre.

Kanaka cepat beradaptasi dengan sirkuit di Eropa

Waktu pertama kali balap di Prokart Circuit Wackersdorf, Jerman, sebenarnya Kanaka hanya punya kesempatan 2 hari latihan sebelum sesi Qualification dan Final.

Untungnya, Kanaka cepat beradaptasi dengan kondisi trek di Eropa yang sangat berbeda gripnya. Kanaka dilatih pegokart Inggris, Luca Griggs.

Kanaka dilatih pegokart Inggris, Luca Griggs.

Sebelum ke Jerman mengikuti putaran 1 FIA-CIK Karting Academy Trophy itu, Kanaka sempat melakukan persiapan fisik dengan pelatih Dennis Van Rhe dan simulator di JMX Phantom dilatih  Presley Martono.

Kanaka  melewati beberapa sesi kualifikasi dan Heat sehingga berhasil masuk final, finish di posisi 23 yang sejauh ini sesuai target.

Pembelajaran dan menambah ilmu

Saat tengah berada di Jerman tersebut, pada rapat paripurna DPRD DKI bertepatan HUT Jakarta pada 22 Juni 2021, Kanaka mendapatkan Piagam penghargaan dan hadiah uang pembinaan dari DPRD DKI sebagai salah satu atlet berprestasi provinsi DKI Jakarta.

Namun karena masih berada di Jerman, sehingga penerimaan piagam tersebut diwakili oleh kakaknya, Kirana Gusasi yang atlet berkuda dan renang nasional.

Mendapat Piagam Penghargaan dari Ketua DPRD DKI yang diwakili Kirana, sang kakak

Sama seperti sebelumnya, jelang keberangkatan putaran 2 ke Italia, Kanaka konsisten berlatih fisik, menjaga asupan makanan dan bermain simulator bersama Presley Martono.

"Harapan round 2 di sirkuit Adria Italia, mudah-mudahan bisa mempertahankan posisinya atau bahkan bisa lebih baik. Kejuaraan ini sangat berarti buat Kanaka sebagai pembelajaran dan menambah ilmu," beber Andre.

Foto Kanaka Gusasi ditampilkan di giant screen pada rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta

"Mohon doa dan support masyarakat Indonesia, agar kiprah Kanaka lancar dan sukses di Italia," harap Andre yang akan kembali mendampingi putra keduanya tersebut. 

Putaran 3 FIA CIK Karting Academy Trophy 2021 akan dilangsungkan di Swedia, 4-6 September 2021. (bs) 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda