MotoGP 2021 : Yamaha Mendadak Coret Vinales Dari GP Austria, Quartararo Jadi Pembalap Tunggal!

Kamis, 12/08/2021 19:28 WIB

mobilinanews (Austria) - Baru saja Yamaha mengeluarkan statement resmi yang mengejutkan pada Kamis (12/8/2021) pagi waktu Austria atau petang WIB hari ini.

Joki pabrikan tim Yamaha, Maverick Vinales dicoret dari entry list GP Austria pada akhir pekan ini. Fabio Quartararo jadi pembalap tunggal pabrikan Yamaha.

Dalam keterangan singkat yang disebar Yamaha, pencoretan Vinales dilakukan akibat tindakan pembalap Spanyol itu pada GP Styrian pekan lalu.

Ia tampil kacau sepanjang balapan tanpa bisa menjelaskan apa yang terjadi kepada para teknisi Yamaha. Dari seri Styrian, menurut Yamaha, mereka sudah megumpulkan data lengkap dan telemetri dari M1 besutan Vinales.

"Kesimpulan Yamaha tindakan pembalap berpotensi merusak mesin M1 secara signifikan. Itu juga beresiko bahaya bagi pembalap itu sendiri dan bagi pembalap lain," tulis Yamaha dalam rilis singkatnya, tanpa menyebut tindakan apa yang dilakukan Vinales.

Yang jelas di race Minggu (8/8/2021) lalu, Vinales memang tampil "agak aneh" setelah start dari pitlane. Sepanjang balapan, pesan pada dasbor motornya selalu bertuliskan pitlane tanpa dketahui sebabnya.

Ia juga tak menerima pesan long lap penalty yang dikirimkan Race Direction melalu alat komunikasi di dasbor motornya. Vinales belakangan mengetahui penalti itu dari pit board-nya saat lewati garis start/finish.

Tak ada rider pengganti di GP Austria yang memulai sesi latihan resmi pada Jumat besok. Untuk balapan berikutnya pun belum pasti apakah Vinales masih dalam tim atau dilepas.

"Untuk seri berikutnya akan diputuskan setelah analisis situasi yang lebih rinci plus diskusi antara tim dengan pembalap," lanjut rilis Yamaha.

Vinales memang akan mengakhiri karirnya di Yamaha pada akhir musim 2021 meski punya kontrak hingga akhir 2022.

Dengan kasus Styrian yang tampaknya sangat mengecewakan Yamaha, muncul spekulasi kalau Vinales pun terancam dicoret dari sisa laga musim ini. 

Rumor lain menyebutkan, ayah Vinales bilang kalau anaknya akan berpisah dengan Yamaha pada Selasa (17/8/2021) atau dua hari setelah race GP Austria.

Sementara hanya begitu informasi yang berkembang, dan tentunya akan terus berkembang dalam beberapa hari ke depan. (rnp)

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap