MotoGP 2021 : Kesulitan Finansial Akibat Pandemi, Petronas Umumkan Undur Diri Musim Depan!

Sabtu, 14/08/2021 18:07 WIB

mobilinanews (Austria) - Kemarin masih berupa gosip panas. Hari ini sudah menjadi fakta, bahwa Petronas akan pisah dengan tim Yamaha Sepang Racing Team. Perusahaan minyak Malaysia itu akan membuat pengumuman resmi pada GP Inggris mendatang.

Rilis dari Petronas beredar di kalangan media di sela-sela GP Austria, Sabtu (14/8/2021) hari ini di Sirkuit Red Bull Ring.

Rilis singkat ini hanya mengkonfirmsi isu yang beredar beberapa jam terakhir. Sebab kemunduran juga belum jelas dan sepertinya akan dijelaskan pada GP Inggirs mendatang. Tapi, kuat dugaan akibat masalah finansial sebagai buntut dari pendemi panjang Covid-19 sejak awal tahun lalu.

Kepastian kepergian Petronas juga terungkap dari keterangan CEO Sepang International Circuit (SIC) Sepang Azhan Shafriman Hanif kepada media. 

"Kami menghargai keputusn Petronas. Kami sepakat bahwa kerjasama selama ini sudah sesuai dengan tujuan. Kami telah menikmati kemitraan yang bermakna, pencapaian luar biasa, dan berbagaimomen bersama yang mengesankan," kata Azhan.

"Saya percaya ini bukan akhir dari kolaborasi kami dalam upaya pembinaan dan pengembangan para pembalap berbakat Malaysia. Kami berharap tim mendapatkan yang terbaik dalam perjalanan berikutnya bersama entitas baru," lanjutnya.

Dikutip dari Speedcafe.com, Head of Strategic Communications Petronas Datin Anita Azrina Abdul Aziz menyebut kemitraan dengan SIC telah membuktikan kemampuan di bidang R&D Petronas. Pihaknya pun bangga atas hasil yang diraih selama ini.

"Bersama-sama kami telah meraih beberapa momen menonjol dalam olahraga ini. Itu indikasi keberhasilan dari apa yang kami lakukan. Atas nama Petronas kami ucapkan terima kasih kepada SIC atas kemitraan selama ini," ujarnya.

Belum ada selentingan soal sponsor utama SIC selanjutnya. Hanya saja tim mereka di Moto3 dan Moto2 harus ikut pergi tahun depan untuk menjaga kelangsungan hidup tim MotoGP-nya. Tim juga tengah bernegosiasi dengan Yamaha untuk menentukan spesifikasi motor yang dipakai tahun depan.

Isunya, tim Yamaha SRT akan dapat jatah YZR-M1 Spec B untuk tahun depan. Tahun ini dua joki tim Petronas Yamaha Srt meluncur dengan dua spesifikasi teknis. Franco Morbidell pakai M1 Spec-A sedangkan Valentino Rossi gunakan spek pabrikan. Sebab, The Doctor memang dalam status rider pabrikan dalam tim ini.

Tahun depan Morbidelli promosi ke tim pabrikan, sedangkan Rossi pensiun. Membuat tim juga harus secepatnya menentukan line up 2022-nya. Jalan tercepat adalah membawa pembalap mereka di tim Moto3 dan Moto2 yang bakal bubar di akhir tahun. (rnp)

 

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag