MGPA : Dorna Puji Sirkuit Mandalika Lombok Sebagai Super Safe!

Selasa, 17/08/2021 01:02 WIB

mobilinanews (Jakarta) -- Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyebut Dorna telah melakukan inspeksi secara virtual live dan memuji Sirkuit Mandalika dengan memberikan julukan sebagai sirkuit super safe atau super aman.

Chief Strategic and Communication MGPA, Happy Harinto mengatakan julukan sebagai sirkuit super safe diberikan Dorna usai melakukan Virtual Inspection Track dengan menggunakan drone yang dilakukan secara 'siaran langsung' beberapa hari lalu.

Inspeksi virtual itu dilakukan Dorna Sport bersama dengan Tim WSBK (World Superbike) serta IMI (Ikatan Motor Indonesia).

"Inspeksi tersebut digelar secara virtual dikarenakan pembatasan kedatangan WNA (Warga Negara Asing) masuk ke negara kita. Jadi kami siasati dengan teknologi dan hasilnya mereka puas serta memberikan julukan kepada Sirkuit Mandalika sebagai sirkuit yang Super Safe," kata Happy kepada CNNIndonesia.com, Senin (16/8/2021).

Meski begitu, belum ada pernyataan resmi dari MGPA terkait penetapan homologasi Sirkuit Mandalika yang rencananya bakal menggelar seri balapan MotoGP 2022 mendatang.

Homologasi merupakan proses berkelanjutan yang dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan sirkuit, agar memenuhi standar keamanan yang dipersyaratkan FIM (The Federation Internationale de Motocyclisme).

Meski pun secara prinsip proses homologasi telah berlangsung sejak tahap desain dan kedatangan Dorna serta FIM pada April lalu.

Saat ini, proses pengaspalan lintasan di Sirkuit Mandalika sudah selesai 100 persen. Sirkuit yang terletak di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu memiliki panjang lintasan 4,3 kilometer dengan 17 tikungan.

"Penyelesaian 100 persen adalah track lane, pekerjaan pengaspalan yang memerlukan perhatian sangat extra dalam membangun sirkuit International Grade A. Kemudian dilanjutkan dengan fasilitas pendukung seperti pit building, medical center (fisik bangunan sudah siap), Race Control dan Grandstand yang akan siap dalam rangka mendukung event WSBK November 2021 mendatang," jelas Happy.

"Dan, saat ini juga sedang kami siapkan secara detail segala requirement yang menjadi persyaratan untuk pelaksanaan event WSBK. Poin-poin itu dilakukan dengan teknik modular dan bisa dibangun dengan sangat cepat. Sirkuit Mandalika juga tetap melaksanakan proses lanjutan pemenuhan kebutuhan fasilitas lainnya," imbuhnya.

Sirkuit Mandalika dijadwalkan bakal menggelar WSBK untuk seri terakhir pada 12-14 November 2021. Selain seri balapan MotoGP yang akan mulai bergulir pada 2022 mendatang.

"Semua masih sesuai schedule dan tidak ada perubahan sejauh ini dari Dorna Sport maupun dari kami," tegas Happy Harinto. (cnnindonesia)

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh