MotoGP 2022: Dovizioso Gabung Rossi di Akhir Musim 2021, Pasangan Tertua Sepanjang Sejarah!

Sabtu, 21/08/2021 01:31 WIB

mobilinanews (Italia) - Isu-isu panas seputar Maverick Vinales dan peran pengganti Cal Crutchlow dan Jake Dixon sudah terjadi menjadi fakta. Semuanya benar.

Kini muncul isu atau skenario baru untuk menggabungkan Valentino Rossi dengan Andrea Dovizioso dalam beberapa race akhir 2021.

Satu hal yang sudah pasti adalah tim Petronas Yamaha Srt tahun depan bubar menjadi tim independen yang baru.

Bukan hanya Petronas yang keluar sebagai sponsor utama, tetapi tim ini juga pecah kongsi dengan pihak Sirkuit Sepang sebagai pemilik tim.

Dikutip dari sumber yang dimiliki The Race, tim ini akan dibeli oleh Razlan Gazali dan Johan Stigefelt yang sekarang ini jadi Team Principal dan Direktur Tim Petronas Yamaha Srt.

Tanpa Petronas, tim ini akan menggandeng WithU sebagai sponsor utama sekaligus nama tim, dengan motor tetap Yamaha namun Spek-B.

Perusahaan energi Italia itu sudah berkecimpuung dalam tim MotoE besutan Stigefelt sendiri. Sang sponsor kabarnya ingin tim ini digawangi oleh pembalap senior Italia, yang mengarah ke Dovizioso dan dikabarkan tengah menjalani penjajakan.

Pembalap satunya Darryn Binder yang akan lompat dari Moto3 ke MotoGP seperti sebelumnya juga diberitakan di media ini.

Itu line up untuk musim 2022 yang ditinggalkan Valentino Rossi dan Franco Morbidelli. Rossi pensiun dan Morbidelli ke tim pabrikan Yamaha.

Morbidelli sendiri tengah dirundung cidera sehingga di Austria lalu digantikan Cal Crutchlow dan di GP Inggris nanti digantikan Dixon. Sedangkan Crutchlow naik ke tim pabrikan Yamaha menggantikan Maverick Vinales yang sudah resmi pisah dengan Yamaha.

Tadinya Crutchlow diperkirakan tampil hingga akhir musim, tapi seperti katanya sendiri, perubahan bisa terjadi sangat cepat.

Bagaimana jika Morbidelli sudah pulih dan siap mengaspal?

Ini skenarionya. Sekali lagi baru bisik-bisik di kalangan tertentu saja. Saat sudah fit maka Morbidelli tak lagi membesut motor lamanya di Petronas Yamaha Srt, tapi naik ke tim pabrikan mendampingi Fabio Quartararo.

Beberapa race tersebut akan jadi ajang persiapan ke tim pabrikan pada 2022. Toh tak ada yang harus ia perjuangkan di Petronas Yamaha Srt. Dan, saat sama berarti Crutchlow akan kembali ke status resminya sebagai test rider Yamaha.

Dixon yang gantikan Morbidelli di GP Inggris pekan depan  juga akan kembali ke timnya di Moto2. Tempat kosong inilah yang diplot menjadi lahan persiapan Dovi ke musim 2022. 

Ia akan mendampingi Rossi dalam beberapa race akhir musim 2021. Menjadikan mereka jadi duet tertua sepanjang sejarah MotoGP. The Doctor kini berusia 42 tahun dan Dovi 35 tahun.

Apakah juga akan jadi duet maut, mungkin tak lagi patut ditunggu. Bukan soal tua, tapi motor yang memang tak kompetitif.

Sumber The Race menambahkan, para pentolan tim Razali dan Stigefelt sepakat dengan syarat WithU sebagai main sponsor untuk gunakan pembalap sekaliber Dovi pada musim 2022.

Ia bukan sekadar pembalap berbendera Italia seperti WithU, tetapi juga rider penuh pengalaman dan punya sifat mengayomi. Ia dianggap cocok menjadi mentor Binder tahun depan sekaligus ikon yang layak untuk memperkuat promosi dan marketing tim.

Apakah skenario itu terwujud?

Silakan tunggu jelang GP San Marino mendatang, saat Morbidelli diperkirakan sudah sanggup mengaspal lagi. Setingan ini tampak logis karena beberapa race 2021 tentu positif sebagai ajang pemanasan Morbidelli ke tim pabrikan Yamaha.

Juga positif buat Dovi sebelum kembali tampil regular di grid 2022. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta