Desain Memukau Mahasiswa Italia untuk Motor Masa Depan Yamaha

Senin, 23/08/2021 04:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pabrikan otomotif tak pernah berhenti mengembangkan desain dan bentuk kendaraannya, roda dua pun mobil. Tak hanya mereka, pecinta sebuh produk kerap memberikan support dengan menghasilkan karya desain memukau.

Salah satunya adalah desain motor Yamaha futuristik untuk masa depan yang dihasilkan oleh seorang mahasiswa dari Institut Seni dan Desain Terapan Italia (IADD), Noemi Napolitano. Sebagai pecinta Yamaha, ia membayangkan sebuah motor yang out off the box, mengutip Rideapart.

Napolitano menyebut desain ini sebagai konsep Double Y yang tidak hanya menarik rekan-rekannya kampus, teapi juga Yamaha.

Konsep dari desainer muda ini memberikan perspektif berbeda tentang merek motor yang memiliki warisan kuat seperti Ducati dan Harley-Davidson. Termasuk yang datang dari Jepang seperti Yamaha.

Desain Double Y ini menampilkan konstruksi ringan dan sistem inovatif. Desain futuristik yang mengutamakan kepraktisan dan kemudahan penggunaan. Desain ini terinspirasi dari anatomi manusia.

Merici desainya, Napolitano menerangkan bentuk Double Y menyerupai otot punggung manusia jika dilihat dari atas. Guratan gasis siluetnya seperti seorang perenang atletik profesional.

Bagian stang Doble Y memberikan kohesi yang lebih kuat pada ergonomi posisi riding yang didukung dengan mesin mesin canggih.

Dua penyanggah stang yang dipasang secara vertikal mungkin tampak berlawanan dengan countersteering, tetapi sistem stang baru lebih benar secara ergonomis dan mengurangi pergelangan tangan pengendara.

Menariknya motor ini memiki sandaran tangan yang bisa muncul dari bagian tangki untuk memberikan kenyamanan bagi penunggangnya. Saat motor tidak digunakan secara otomatis sandaran lengan bawah akan kembali ke bodywork

Konsep Double Y ini, terbilang unik dan sangat modern. Sebagai tungganam moder, motor ini akan menggunakan berbgai perangkat elektronik canggih. Tetapi sistemnya berfokus pada keterhubungan dan komunikasi antar sepeda motor dan penggunanya.

Perancang muda ini juga menekankan bahwa sistem elektronik harus mudah diakses dan tidak rumit bagi pengguna motor.

Sebagai proyek tesis Napolitano, Double Y sudah membantu Yamaha mengakses ide kaum muda. Ia berharap desainnya ini, nisa menjadi bagian dari inovasi Yamaha untuk model masa depan. (elk)

TERKINI
Sukses Gemilang! PEVS 2024 Jadi Tonggak Perkembangan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia Halal Bihalal Nissan Terrano Club Sumatera Barat, Diselingi Mini Adventure Offroad Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya