Bangga dan Mengharukan! Sean Gelael Kibarkan Merah Putih di Podium Le Mans 24 H!

Minggu, 22/08/2021 21:58 WIB

mobilinanews (Prancis) - Sean Gelael membanggakan Indonesia. Masih dalam perayaan HUT RI ke-76, Sean Gelael pembalap terbaik Indonesia berhasil naik podium pada 24 Hours of Le Mans 2021 di de la Sarthe, Le Mans, Prancis, Minggu (22/8/2021).

Sean naik podium bersama Tom Blomqvist (Inggris) dan Stoffel Vandoorne (Belgia) sebagai juara kedua kategori kelas LMP2, pada balap ketahanan selama 24 jam paling legendaris yang finish pukul 21.00 WIB (3 sore waktu Prancis) malam ini.

Sean Gelael menjadi pembalap pertama dari tim JOTA #28 yang mengawali balapan yang start pada pukul 21.00 WIB hari Sabtu kemarin.

Sedangkan Tom Blomqvist didapuk sebagai pembalap terakhir yang mengendarai mobil JOTA #28 yang sejatinya berpeluang menjadi juara 1 (P1) bahkan.

Dengan berhasil menjadi runner up di Le Mans ini, tim JOTA #28 langsung bertengger di puncak klasemen kelas LMP2 dari yang tadinya di peringkat ketiga. Pasalnya, di Le Mans penghitungannya double poin. 

"Prediksi saya bahwa Sean dan JOTA #28 bakal bisa memimpin klasemen FIA WEC 2021 menjadi kenyataan di Le Mans. Bahkan tadi terbuka kesempatan JOTA #28 menjadi P1. Tapi sudahlah, ini hasil terbaik dan dipersembahkan Sean untuk HUT RI ke-76," ujar Ricardo Gelael, manajer pribadi sekaligus ayahanda Sean Gelael.

Bagi Sean, kemenangan kali ini membuat kebahagiaan berlipat-lipat. Dia nyaris vini, vidi, vici di Le Mans. Dan, dia menjadi orang pertama Indonesia tampil dan langsung naik podium di Le Mans.

Tanggal 20 Agustus lalu, Rini Gelael sang mama berulang tahun dan diboncengin Sean naik skuter di sirkuit Le Mans. Sean juga sebagai rookie yang langsung naik podium di Le Mans.

Kekompakan, kesiapan dan tekad kuat Sean, Tom dan Stoffel menjadi kunci sukses kali ini di Le Mans 2021.

Pengorbanan Sean pun tidak sia-sia, ketika usai mengikuti putaran 3 FIA WEC di Monza, Italia, dia memilih tidak pulang Indonesia. Melainkan memilih menyiapkan diri dengan melakukan latihan fisik dalam program Summer Training Champ di Pulau Ibiza, Spanyol.

Latihan fisik dari hill climb, gym, simulasi hingga menggejot sepeda dilakukan selama 8 hari. Setelah itu melakukan simulasi di London, Inggris, dan memilih menuju ke Le Mans Prancis lebih awal dari rencana.

Semua terbayar lunas, dengan mencetak sejarah bagi dunia motorsport Indonesia yang menancap di dunia, atas nama Mohammad Sean Gelael.

Ricardo Gelael, Rini Gelael, Jeffrey JP yang berada langsung di de la Sarthe, Le Mans, Prancis menemani Sean di sisi sirkuit tidak bisa menahan tangis bahagia. 

Congrats untuk Sean, JOTA 28 dan Indonesia. (bs) 

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag