Buntut Insiden "Mobil Nyangkut" di HRSC, Jaka Siswoyo Mendapat Peringatan Keras

Selasa, 24/08/2021 17:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Racing Committe (RC) event sim racing Honda Racing Simulator Championship (HRSC) 2 telah merilis official result putaran 1 yang berlangsung di sirkuit virtual Baku, Azerbaijan, Sabtu (21/8/2021) lalu.

Untuk kelas Master, 3 besar tetap diisi Andika Rama Maulana (juara 1), Daffa Ardiansa atau Daffa AB juara kedua dan Attaya Kenzie sebagai juara ketiga.

Namun, RC juga memberikan hukuman dan peringatan keras kepada peserta. Hukuman diberikan kepada Sergio Noor yang sebelumnya finish di urutan 9 diturunkan menjadi urutan 10.

"Sergio Noor diturunkan 1 posisi, dari 9 ke 10. Deskripsi, menyenggol mobil Timo Iskandar dan menyebabkan kehilangan posisi," demikian tulis pada official result.  

Kemudian, Steward (Pengawas Perlombaan) juga memberikan Peringatan Keras kepada Jaka Siswoyo. "Jika diulangi, dikenakan penalti penambahan beban 20 kg."

Deskripsi Peringatan Keras untuk Jaka Siswoyo : Tidak memberikan ruang yang cukup untuk mobil Daffa Ardiansa saat memperebutkan posisi di tikungan pertama.

Pada balapan saat itu, tepatnya di 3 laps jelang finish, Daffa Ardiansa tengah battle dengan Andika Rama Maulana untuk menjadi yang terdepan jelang tikungan pertama.

Jaka Siswoyo dari belakang berusaha mendekat dan tampak agak terburu-buru mencoba merangsek ke depan, sehingga pemandangan yang terjadi 3 mobil nyaris sejajar.  

Jaka masuk dari sisi kiri mobil Daffa, sedangkan Daffa yang agak kaget berusaha defend hingga melebar ke kanan dekat gravel. Sejurus kemudian, mobil Jaka "nyangkut" ke mobil Daffa dan overshoot.

Untungnya, Daffa masih bisa melaju ke depan meski kemudian tertinggal dari Andika Rama Maulana.  

Ketika mobilinanews mencoba menghubungi Daffa AB untuk meminta tanggapan, dijawab dengan santai. "Hopefully, ke depan kita nggak ada masalah," ujar Daffa.

"Alhamdulillah, aku gak kena penalti," lanjut Daffa yang baru berusia 14 tahun tersenyum. Ah, dasar masih belia.

Dari insiden "mobil nyangkut" tersebut, yang jelas kejadian serupa agar tidak terulang lagi. Dengan sebaiknya pembalap dari belakang menunggu waktu tepat untuk fight dan tidak memaksakan diri ketika tengah berlangsung battle dua pembalap di depannya.

Terkait dengan Daffa yang sebenarnya memiliki kans P1 jika tidak terjadi insiden dengan Jaka, siswa kelas 9 (setara kelas 3 SMP) Home Schooling Kak Seto itu tidak sepenuhnya sependapat.  

"Nggak juga. om. Ini ada sukses ballast (penambahan beban di mobil bagi para 5 besar juara). Aku lagi nggak mau ballast-nya banyak banget. Konsisten position aja sih, p2 p2 p2 atau p3. Ballast lumayan berat masalahnya," ungkap Daffa AB.

Putaran 2 Honda Racing Simulator Championship 2021 akan dilangsungkan Sabtu (4/9/2021) di sirkuit virtual Sepang, Malaysia. (bs)

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda