Wow! Toyota Gazoo Racing Cetak Kemenangan Bersejarah 4 Kali Beruntun di Le Mans 24 Jam!

Selasa, 24/08/2021 18:39 WIB

mobilinanews (Prancis) – Tim balap TOYOTA GAZOO Racing mencatat rekor kemenangan spektakuler dari lomba balap ketahanan dunia FIA World Endurance Championship (WEC) 2021 dengan sukses meraih podium juara pertama dan kedua kelas Hypercar  ajang Le Mans 24 Jam di Circuit de la Sarthe, Prancis, Sabtu-Minggu (21/22-8/2021).

Sejarah dicetak TOYOTA GAZOO Racing karena prestasi ini merupakan kemenangan keempat berturut-turut di Le Mans 24 Jam di mana sebelumnya telah mencatat dua kali kemenangan di musim 2018-2019, sekali di musim 2019-2020, dan digenapi di musim 2021.

 “Selamat untuk tim balap global TOYOTA GAZOO Racing yang berhasil meraih kemenangan bersejarah dari ajang balap ketahanan dunia legendaris Le Mans 24 Jam yang merupakan bagian dari kompetisi FIA World Endurance Championship 2021," kata Susumu Matsuda, President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

"Tampil sebagai pemenang di Le Mans sudah merupakan prestasi yang luar biasa, semakin membanggakan karena podium juara pertama yang dicatat merupakan kemenangan keempat berturut-turut selama 3 musim balap WEC," tambahnya.

"Hal ini sekaligus membuktikan keandalan dan ketangguhan tim balap TOYOTA GAZOO Racing beserta mobil balap yang dikembangkan di perhelatan balap dunia sejak TOYOTA GAZOO Racing berdiri pada tahun 2015 silam sebagai pelaksanaan atas visi Toyota dalam menciptakan ever-better cars,” lanjut Susumu Matsuda.

Tahun 2021 merupakan era baru perhelatan WEC dengan dihapusnya kelas Le Mans Prototype 1 (LMP1) dan digantikan dengan kelas Le Mans Hypercar (LMH) sebagai kelas paling bergengsi, sekaligus sistem lomba diubah dari dua tahun menjadi satu tahun dalam satu musim balap.

TOYOTA GAZOO Racing menggantikan TS050 HYBRID dengan GR010 HYBRID untuk bertarung.

Berdasarkan empat filosofi dasar TOYOTA GAZOO Racing, tim balap Toyota ini berusaha menciptakan mobil balap yang kompetitif sejalan dengan visi making ever-better cars.

Hasilnya, TOYOTA GAZOO Racing meraih kemenangan bersejarah dan dramatis keempat berturut-turut di Le Mans 24 Jam, di mana tim berhasil mengatasi kesulitan untuk menjadi pemenang kelas Hypercar (LMH) pertama di Circuit de la Sarthe, Prancis.

Mike Conway, Kamui Kobayashi dan Jose Maria Lopez sukses meraih kemenangan pertama di Le Mans yang telah lama ditunggu-tunggu.

Seluruh tim menunjukkan semangat pantang menyerah mengatasi masalah sistem bahan bakar yang mengancam dan siap menggagalkan perjuangan kedua mobil balap TOYOTA GAZOO Racing di paruh kedua balapan.

Pemegang gelar juara dunia pembalap WEC 2020 ini memulai Le Mans 24 Jam dari posisi terdepan dan memimpin sebagian besar balapan dengan menyelesaikan 371 lap.

Pada debut GR010 HYBRID di Le Mans 24 Jam, pemenang tahun lalu Sébastien Buemi, Kazuki Nakajima dan Brendon Hartley menyelesaikan hasil yang sempurna dengan meraih gelar juara kedua tim yang kini telah memenangkan 4 dari 4 seri balapan WEC 2021. (bs)

TERKINI
Daihatsu Kumpul Sahabat Beri Apresiasi Erwan Erik, Setia Menggunakan Daihatsu Xenia Selama 12 Tahun GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi