Pertamina Mandalika SAG Team Umumkan Gabriel Rodrigo Gantikan Tom Luthi ke Moto2 2022

Minggu, 29/08/2021 22:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Tim balap asal Indonesia, Pertamina Mandalika SAG Team mengumumkan komposisi pembalap untuk Moto2 musim 2022.

Pada tahun kedua Pertamina Mandalika ikut kelas Moto2 ini, dua kursi pembalap diisi Bo Bendsneyder dan Gabriel Rodrigo. 

Buat Bo Bendsneyder, pembalap Belanda berdarah Indonesia, Moto2 2022 bakal jadi musim kedua di tim Pertamina Mandalika. 

Gabriel Rodrigo naik kelas setelah pada musim balap tahun ini berlomba di Moto3 dan merasakan satu kali naik podium plus mencetak sekali pole position (mencetak waktu tercepat QTT) sejauh ini.

Rodrigo menggantikan Tom Luthi yang memutuskan pensiun di penghujung Moto2 2021. 

Presiden Pertamina Mandalika, Rapsel Ali menceritakan pihaknya sempat mencoba  menempatkan pembalap Indonesia di tim untuk Moto2 2022. Namun usaha tim harus menemui kendala dari Komisi Grand Prix. 

"Beberapa pekan terakhir, kita mencoba dan mendorong agar pembalap Indonesia bisa masuk tim Pertamina Mandalika di Moto2 untuk tahun 2022. Kita kembali ajukan nama Dimas Ekky Pratama yang juga anggota Mandalika Racing Academy, tapi belum mendapat persetujuan," kata Rapsel Ali kepada wartawan hari Minggu (29/08/2021). 

Komisi Grand Prix, yang menentukan seorang pembalap bisa masuk apa tidak di tim Moto2, memang mensyaratkan peraturan ketat.

Intinya, Komisi Grand Prix yang personilnya diantaranya juga diisi dari pihak Dorna Sport, menilai pembalap Indonesia belum memenuhi syarat untuk ikut balapan Moto2.

Syarat ketat yang dimaksud adalah seorang pembalap dinilai dari prestasi bagus pada event balap yang diikuti pada tahun ini. Contohnya, Dimas Ekky yang tahun ini berlomba di FIM CEV Moto2 2021 Eropa.

Dimas Ekky memang secara konsisten meraih poin dan kini berada di 10 besar klasemen, tapi sayangnya belum pernah merasakan naik podium.

Hal inilah yang membuat Komisi Grand Prix memberikan penilaian Dimas Ekky belum masuk kriteria untuk bisa berlaga di ajang di Moto2 MotoGP tahun 2022. 

"Sebagai gambaran, pembalap yang naik podium di FIM CEV Moto2, seperti Taiga Hada atau Adam Norrodin pun saat berlaga di Moto2 musim ini masih menempati posisi belakang. Jadi memang persaingan di Moto2 sangat ketat dan Dorna punya syarat tinggi buat pembalap yang ingin tampil di sini," terang Kemalsyah Nasution, Direktur Pertamina Mandalika SAG Team.

"Jadi kita akan kembali lagi pada soal pembinaan pembalap Indonesia yang memang harus ditingkatkan lagi," tambah Kemalsyah.

Meski begitu, manajemen Pertamina Mandalika berencana mengirim kembali Dimas Ekky mengikuti FIM CEV Moto2 pada musim 2022. Harapannya, pembalap senior asal Depok, Jawa Barat ini bisa meningkatkan performa secara konsisten dan bisa meraih podium.

Dimas Ekky ditargetkan setidaknya bisa berada di 5 besar klasemen pembalap untuk tahun depan.

"Jika Dimas Ekky bisa meraihnya pada musim 2022, peluang untuk memperkuat tim Pertamina Mandalika di Moto2 musim berikutnya sangat terbuka lebar," lanjut Kemalsyah. (bs)

TERKINI