F1 2021 Belanda : Serangan Balik Verstappen di Zandvoort, Perayaan Bersama Orange Army

Kamis, 02/09/2021 00:08 WIB

mobilinanews (Belanda) - Di GP Austria dan Belgia, ribuan pendukung Max Verstappen selalu datang ke sirkuit dengan atribut khusus oranye, warna kebesaran Belanda.

Akhir pekan ini, 3-5 September 2021 di GP Belanda, dipastikan sekeliling sirkuit akan dipenuhi anggota Orange Army.

Lewat laman resmi Red Bull Honda, Verstappen mengatakan sudah tak sabar mengaspal di home race-nya, ditengah pendukung fanatiknya yang selama ini rajindtang ke berbagai sirkuit Eropa.

"Di Spa (Belgia) dan Red Bull Ring (Austria) mereka selalu datang dan membentuk lautan oranye. Setiap kali keluar garasi, saya tersenyum melihat mereka. Kali ini di Belanda, tentu semuanya berbeda. Benar-benar di kandang sendiri," kata Verstappen.

"Akan sangat luar biasa meraih kemenangan di depan lautan Orange Army," kata pembalap muda peranakan Belanda dan Belgia ini.

Buat Belanda sendiri ini adalah kali pertama F1 berlangsung lagi di Zandvoort setelah yang terakhir pada 1985. Kebetulan bersamaan dengan performa Verstappen yang tengah kinclong dan bersaing melawan Lewis Hamilton dalam perebutan gelar 2021. 

Itu sebabnya promotor lokal menyiapkan beragam acara untuk menyambut kembalinya F1 sekaligus dukungan besar untuk local hero mereka.

Di tengah pandemi yang masih berlangsung, promotor bahkan bertekad lebih baik GP Belanda dibatalkan jika penonton tak boleh masuk sirkuit. Akhirnya boleh penonton masuk dengan prokes yang ketat.

Verstappen jelas membidik kemenangan pertama di home race murninya, sekaligus serangan balik untuk Hamilton.

Jika menang maka Verstappen kembali mengambil alih pimpinan klasemen, karena usai GP Belgia keunggulan poin Hamilton sisa 3 saja dari tadinya 8.

Peluang Verstappen juara tentu terbuka karena RB16B miliknya memang kompetitif melawan W12 besutan Hamilton.

Kunci awalnya adalah kualifikasi untuk meraih posisi start terdepan. Sebab, tak banyak slot untuk menyalip di trek ini. Zona DRS hanya dua, itu pun jaraknya pendek-pendek.

Hanya saja Verstappen punya sedikit keuntungan dibandingkan pembalap F1 lainnya yang belum pernah main di Zanvoort.

Verstappen dan Red Bull sudah beberapa kali menjajal trek ini dengan mobil F1 spek lama untuk kepentingan show dan promosi.

"Saya juga pernah 1 kali balapan di sini saat masih di F3. Treknya memang banyak yang berubah dibandingkan saat saya ke sana dengan mobil F3. Dengan mobil F1 juga beberapa kali ke sana. Jadi, saya pikir ini akan jadi keuntungan di akhir pekan ini," ungkap Verstappen.

"Saat di F3 saya menyukai tikungan-tikungan di Zandvoort. Kini dengan mobil F1 yang punya power dan grip lebih bagus, saya yakin akan menikmati balapan. Saya senang membuat orang bahagia. Itu yang ingin saya bagikan kepada Orange Army dan saya sudah tak untuk melakukannya," pingkas Verstappen. (rnp)

 

 

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok