F1 2021 Italia: 6 Pembalap "Tuan Rumah" Pakai Helm Khusus di Monza, Hanya 1 Asli Italia

Jum'at, 10/09/2021 20:58 WIB

mobilinanews (Italia) - GP Italia di Sirkuit Monza akhir pekan ini menjadi home race bagi pembalap Prancis, Jepang, Monaco, Spanyol, Inggris, dan tentu saja Italia. Namun hanya satu driver asli Italia, Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo). Lima lainnya pembalap negara lain yang harus membela Italia.

Sebagai pembalap tunggal Italia di grid F1, Giovinazzi rutin memakai desain helm khusus di Monza. Yang tetap menonjol dan tak berubah dari desain itu adalah label ITA (singkatan Italia) yang dicetak tebal dan lebih besar, plus logo tawon/lebah yang jadi ciri khas pembalap binaan Ferrari itu.

Rekan satu timnya, Kimi Raikkonen (Finlandia), tak ikut-ikutan merasa jadi local hero. Meski tim Alfa Romeo bermesin Ferrari yang identik dengan Italia, tapi markas dan operasional tim ini ada di Swiss.

Beda dengan tim AlphaTauri. Meski jadi tim satelit Red Bull Racing tapi mereka punya markas di Italia. Karena ini Pierre Gasly (Prancis) dan Yuki Tsunoda (Jepang) merasa perlu memakai helm desain khusus di home race tim mereka.

Masih dominan dengan kelir putih, Gasly lebih menonjolkan logo AlphaTauri pada helm barunya.

Tsunoda beda lagi. Ia menambahkan bendera Jepang pada bagian atas helmnya. Tak lain karena home race-sejatinya, GP Jepang, batal digelar tahun ini. Home race tim ia jadikan home race pribadi juga di Monza.

Yang agak mengejutkan George Russell (Williams/Inggris) yang tahun depan jadi pendamping Lewis Hamilton di Mercedes. Ia juga memakai helm special edition di Monza 2021. Dominan warna merah, bedanya kali ini ada kamera yang terpasang pada helm dan digunakan hanya pada sesi FP1 dan 2.

Dan, dua pembalap lain adalah Ferrari, tuan rumah Italia yang selalu dipuja di Monza. Line up The Prancing Horse, Charles Leclerc (Monaco) dan Carlos Sainz (Spanyol), juga hadir dengan helm desain khusus Monza 2021.

Tentu saja, tanpa meninggalkan atribut bendera masing-masing. Sainz, misalnya, meski menambahkan warna bendera Italia namun tetap yang dominan warna Spanyol pada helmnya.

Leclerc sang bintang Ferrari yang juara di Monza pada 2019, kali ini mengusung helm yang menonjolkan warna-warni bergaris yang menggambarkan warna bendera Italia. Dikombinasi dengan logo Ferari, #16 dan sponsornya.

Sayangnya, desain baru itu hanya jadi penyemangatnya. Jelas tak ada kaitannya dengan speed Ferrari di Monza, yang tempoe doeloe acap mereka kuasai.

"Monza selalu menjadi tempat istimewa setiap kali Anda datang sebagai pembalap Ferrari. Di atas kertas, untuk tahun ini, Monza adalah salah satu trek sulit bagi kami. Tapi, kami akan coba memberikan segalanya untuk tifosi," kata Leclerc yang musim ini memang punya besutan kalah garang dibandingkan Mercedes dan Red Bull. (rnp)

 

TERKINI
Mazda CX-60: Tawarkan Eksklusivitas dan Kinerja yang Mumpuni di Pasar Indonesia BYD Resmi Meluncurkan Sea Lion 07: SUV Pesaing Tesla Model Y PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka PEVS 2024: Keeway EV Hadirkan 5 Model Terbaru dengan Subsidi Besar, Awas Jangan Sampai Lolos