F1 2021 Italia: 2 Mercedes Terdepan di Kualifikasi, Masih Berebut Pole Position di Sprint Race

Sabtu, 11/09/2021 00:09 WIB

mobinanews (Italia) - Untuk kali kedua setelah di GP Inggris, GP Italia pekan ini juga dipakai FIA untuk menguji coba sistem sprint race. Ini format baru yang efektif berlaku mulai 2022.

Itu sebabnya sesi latihan GP Italia di Sirkuit Monza pada Jumat (10-9-2021) berlangsung hanya sekali. Kalau biasanya kualifikasi berlangsung Sabtu, maka dalam format baru ini dilangsungkan Jumat seusai FP1. Tahapannya masih sama - Q1, Q2 dan Q3.

Kalau biasanya hasil Q3 menentukan siapa pole sitter dan grid position untuk raceday, kali ini beda. Hasilnya justru untuk menentukan grid buat sprint race yang berlangsung Sabtu (11/9/2021). Pada sesi itu semua pembalap tampil seperti balapan sesungguhnya. 

Bedanya, sprint race ini hanya berlangsung 18 laps. Tiga pembalap tercepat mendapat poin masing-masing 3, 2 dan 1.

Juara sprint race dengan sendirinya jadi pole sitter pada raceday Minggu (12/9/2021). Urutan finish pada sprint race ini juga jadi patokan urutan start pada balapan Minggu.

Itu sebabnya sesi Q3 hari ini sangat vital. Khususnya buat Lewis Hamilton dan Max Verstappen yang tengah bersaing dalam perebutan gelar 2021. Kebetulan keduanya hanya terpaut 3 poin, sehingga bonus poin di sprint race sangat krusial.

Hasilnya, dalam run pertama Q3, Hamilton hanya unggul 0,017 detik. Membuat penantian run ke-2 jadi menegangkan.

Tapi, akhirnya, Valtteri Bottas yang justru meraih posisi terdepan untuk sprint race besok. Diikuti Hamilton, Verstappen, Lando Norris, Daniel Riciardo, dan seterusnya.

Maka 18 lap ekstra pada esok hari jadi pertunjukan awal sebelum menu utama pada Minggu (12/9/2021). Namun, khusus buat Bottas, apa pun hasil sprint race tetap membuatnya start dari belakang pada Minggu. Tak lain karena ia terkena penalti akibat perubahan mesin. (rnp)

 

 

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing