WRC 2021 Acropolis: Tinggal Main Aman di 3 SS Tersisa, Kalle Rovanpera Songsong Juara

Minggu, 12/09/2021 04:14 WIB

mobilinanews (Yunani) - Baru sekali ini Kalle Rovanpera berlomba di Rally Acropolis dan langsung bikin sensasi. Hanya sial atau bencana besar yang bisa menggagalkan pereli umur 20 tahun itu menjadi juara pada final day Minggu (12-9-2021) ini.

Unggul 3,7 detik pada Jumat lalu, Rovanpera menambah keunggulan waktu 10 kali lipat pada Sabtu kemarin usai memenangi 4 dari 6 Special Stage (SS) yang digelar.

Pereli senior penyandang gelar juara dunia WRC, Ott Tanak (Hyundai) dan Sebastien Ogier (Toyota), hanya ia jatah masing-masing 1 kemenangan di SS.

Hasilnya luar biasa. Rovanpera memimpin lomba dengan telak, unggul 30,8 detik atas Tanak dan tinggalkan Ogier dengan gap 40,2 detik. Selisih waktu yang hanya perlu dimenej Rovanpera dalam sisa lomba yang hanya terdiri dri 3 SS lagi.

Hanya bencana besar yang bisa menghalangi jadi juara dengan keunggulan waktu seperti itu.

"Ya, hanya tinggal 3 stages. Tapi, itu masih terasa sangat jauh. Kami tetap harus waspada meski secara waktu sangat menguntungkan," kata Rovanpera.

Kejadian di sesi Sabtu pagi membuatnya harus bermain pintar dalam 3 SS di depan. Saat itu Yaris WRC besutannya melebar dalam sebuah tikungan, membuat bagian belakang mobilnya masuk parit. Untungnya bisa dengan cepat ia koreksi.

"Saya terlalu tekan pedal gas dan memaksakan diri. Itu momen besar. Karena itu saya harus bijaksana dan tak lagi bertindak bodoh hingga reli ini selesai," kata putra pereli legendaris Finlandia Harri Rovanpera itu.

Dalam musim debutnya sebagai pereli regular Toyota Gazoo Racing di WRC, Rovanpera sengaja mengejutkan meraih kemenangan perdananya di WRC pda Rally Estonia lalu, di kandang Tanak.

Kini situasinya sangat menguntungkan untuk meraih kemenangan kali kedua. Caranya, hanya dengan mengatur irama did alam kokpit Yaris WRC-nya mengarungi 3 SS terakhir dengan total jarak hanya 69,25 km.

Di sisi lain, Ogier selaku juara dunia bertahan tampaknya tak bernafsu mengejar Tanak di urutan kedua. Apalagi mengejar Rovanpera yang merupakan yuniornya dalam tim Toyota Gazoo Racing.

Pasalnya, dua lawan terdekat Ogier dalam perebutan gelar 2021 (Elfyn Evans dan Thierry Neuville) masih terpuruk di papan tengah.

Saat ini Ogier unggul 38 poin atas Evans yang juga pereli tim Toyota. Dengan finish P3 saja maka keungulannya atas Evans akan bertambah signifikan.

Maka peluang Ogier mencetak gelar dunia kali ke-8 pun semakin terbuka di sisa seri tahun ini. (rnp)

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda