MotoGP 2021 San Marino : Bagnaia Pimpin Laskar Tuan Rumah dan Ajang Perpisahan Rossi!

Rabu, 15/09/2021 20:23 WIB

mobilinanews (San Marino) - Laga MotoGP akhir pekan ini di Sirkuit Misano, Italia melibatkan banyak local heroes. Berbeda tim tapi mengusung bendera yang sama, Italia.

Dari semua itu tentu saja Francesco Bagnaia (Ducati) yang jadi unggulan tuan rumah. Sedangkan Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso pun punya daya pikat sendiri.

Laskar pengusung Tri Colore (bendera Italia) di Misano adalah Pecco - panggilan untuk Bagnaia - (Ducati), Michele Pirro (tester Ducati), Valentino Rossi, Andrea Dovizioso (Petronas Yamaha Srt), Franco Morbidelli (Yamaha), Danilo Petrucci (KTM Tech3), dan duet rookie Luca Marini dan Enea Bastianini (Avintia Ducati).

Ada 8 Italiano yang akan mengaspal, meski belum juga mengalahkan dominasi Spanyol yang kirim 9 pembalapnya.

Daya tarik Pecco adalah kemenangan hebatnya di Aragon empat hari lalu, lewat duel sengit dengan Marc Marquez di sirkuit yang selama ini dirajai Marquez.

Tifosi berharap euforia itu menular ke Misano, sirkuit yang jaraknya hanya 13 km dari Tavuilla, markas VR46 milik Rossi di mana selama ini Pecco ditempa. Terlebih karena tinggal Pecco yang bisa menggondol trofi MotoGP 2021 menjadi milik Italia.

Saat ini, ia berada di urutan 2 klasemen dengan selisih poin 53 dari Fabio Quartarararo (Prancis/Yamaha). Target minimalnya adalah finish di depan El Diablo untuk menggerus selisih poin.

Duel keduanya sulit diprediksi karena Pecco terbilang kuat di Misano dengan hasil runner up musim lalu. Di sisi lain, Quartararo gagal naik podium dari dua seri di Misano tahun lalu. 

Yang sudah pasti adalah dukungan melimpah buat Pecco, alumnus VR46 Rider Academy kedua yang sukses menjuarai seri MotoGP setelah tahun lalu dibuka Morbidelli.

Tradisi di Misano, mayoritas penonton adalah fans Rossi. Mau kalah atau menang, fans The Doctor saban tahun menjadikan Misano lautan kuning.

Dipastikan dukungan itu akan juga ditumpahkan buat Pecco, salah satu murid kesayangan The Doctor. Dukungan lain yang akan diperoleh Pecco datang dari kelompok penggemar Ducati

"Kemenangan ini milik VR46 Academy, saya persembahkan buat semua orang berjasa di sana," kata Pecco usai memenangi GP Aragon.

Euforia di Aragon itulah yang Pecco ingin tularkan ke Misano pada Minggu, 19 September 2021 ini. Di depan puluhan ribu tifoso dan seluruh warga Tavuilla, domisili Rossi sekaligus markas besar VR46.

Terkait Rossi, seri GP San Marino kali ini adalah penampilan terakhirnya karena musim depan tak lagi berkompetisi dan punya kesibukan baru mengurus istri dan anak. Menarik menanti persembahan terakhir Il Dottore di depan penggemar fanatiknya.

Jika sesuai rencana, pembalap Italia lainnya yang membetot perhatian adalah kembalinya Andrea Dovizioso ke lintasan setelah absen sejak akhir tahun 2020.

Eks pembalap utama Ducati itu diplot mendampingi Rossi di tim Petronas Yamaha Srt, menjadikan mereka duet paling tua di MotoGP. Keduanya berpasangan hingga akhir musim 2021. 

Morbidelli yang selama ini tandem Rossi di tim satelit Yamaha itu, kini dipasangkan kembali dengan Fabio Quartararo di tim pabrikan Yamaha.

Ini sekaligus proses transisi Morbidelli jadi rider regular Yamaha tahun depan, menggantikan Maverick Vinales yang hengkang ke tim Aprilia. (rnp)

 

 

TERKINI
Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya!