Bupati Tapin HM Arifin Arfan : Dicari Pengusaha Untuk Berinvestasi Di Binuang

Senin, 23/11/2015 11:14 WIB

mobilinanews (Binuang, Banjarmasin) – Sirkuit Balipat yang terletak di Kecamatan Binuang, Banjarmasin, Kalimantan Selatan awalnya didirikan oleh pengusaha setempat, H. Hatta atau yang lebih dikenal dengan sapaan H. Ciut. Sejak tahun 2006, sirkuit sepanjang 1,850 Km ini dibangun untuk menjadi bagian dari maju dan berkembangnya dunia balap di Kalimantan Selatan dan sekitarnya. Meskipun demikian, Pemerintah Daerah (Pemda) tidak tinggal diam.

Hingga saat ini, Sirkuit Balipat dikelola oleh Pemda setempat yang biaya perawatan dan pembangunan berkala nya dialokasikan melalui APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Tapin. Sebuah sinergi yang saling menguntungkan ini semata dilakukan karena dengan adanya sirkuit permanen bersertifikasi internasional ini, mampu mengundang atensi banyak pihak dengan seringnya diadakan balapan berskala nasional maupun internasional.

“Saat ini semua pengelolaan sirkuit sudah dihibahkan kepada Pemda. Ditahun 2015 saja, kami mengucurkan anggaran hingga Rp 4 miliar guna melakukan pengaspalan dan memperpanjang sirkuit hingga 1,6 km, dengan total panjang trek sejauh 3,450 km. Kami merasa harus total melakukan pengembangan sirkuit, karena melalui Balipat, daerah kami sering kali menjadi sorotan,” ujar Arifin kepada mobilinanews.

Pria yang masih kerap melakukan petualangan fun offroad dengan Toyota Hardtop kesayangannya, mengaku untuk 2016 telah mengganggarkan dana sebesar Rp 2,6 miliar guna pembangunan tribun baru. Jika tribun baru sudah didirikan, pak Bupati akan membuka kesempatan bagi para pengusaha untuk turut andil mendirikan sarana pendukung di sekitar lokasi sirkuit.

“Pihak swasta baik pengusaha maupun sponsor seperti Yamaha atau brand lainnya telah memberikan sumbangsih berupa event yang diselenggarakan. Saat ini kami sedang mencari pengusaha untuk berinvestasi di Binuang. Harapannya disekitar sirkuit dapat didirikan hotel guna mempermudah sarana akomodasi peserta balap yang ingin berlaga. Selama ini tim peserta menginap di kota Banjarmasin yang terbilang jauh. Jika infrastuktur pendukung dibikin, akan lebih mempermudah,” papar pak Bupati.

Selain Sirkuit Balipat, H. Ciut beserta Pemda juga sedang mempersiapkan satu sirkuit baru peruntukan speed offroad yang tentunya akan membuat Binuang lebih semarak lagi. Jadi siapa nih yang mau berinvestasi, mumpung Pemda setempat mendukung nih!

4

                                                                 

Bupati Tapin (5 dari kiri) sepakat majukan dunia balap di Banjarmasin

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh