Hino Pastikan Busnya Lebih Efisien dengan Pelumas Sesuai Spesifikasi

Jum'at, 24/09/2021 15:20 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) selalu membekali produknya dengan pelumas yang telah dikembangkan sesuai dengan spesifikasi kendaraannya tersebut. Contohnya pelumas 15W40 yang dibuat khusus untuk Hino Bus RN 285.

Bagi Hino, kualitas pelumas memainkan peran penting dalam menjaga pendinginan mesin selama bus dipacu di jalan tol. Dengan kata lain, pemilik PO Bus disarankan untuk menggunakan spesifikasi pelumas seperti yang direkomendasikan oleh Hino.

After Sales Director HMSI, Irwan Supriyono mengatakan setiap kendaraan membutuhkan pelumas yang sesuai dengan spesifikasinya, karena itu Hino juga mengembangkan berbagai jenis oli untuk mendukung kesehatan mesin kendaraannya. Ia mencontohkan bus RN 258.

Hino Bus RN 285 menggunakan spesifikasi pelumas 15W40. Pemakaian oli setiap kali penggantian hanya 12,7 liter. Sementara, brand lain membutuhkan oli lebih dari 29 liter setiap kali penggantian,” kata Irwan melalui keterangan resmi Hino.

Ini berarti penggunaan pelumas untuk bus Hino lebih sedikit, tapi mampu mengoptimalkan kinerja mesinnya bus sehingga akan bendampak pada efisiensi biaya operasional penggunanya

"Selain pemakaian pelumas yang lebih sedikit, periode penggantian oli berkala pada Hino Bus RN285 juga lebih panjang, yakni setiap 20.000 km. Berbeda dengan brand lain yang lebih pendek.” jelas Irwan.

Bus Hino RN285 menggunakan mesin diesel 7.684 cc tipe J08E-VT commonrail 6 silinder in-line direct injection dengan turbocharged aspirated yang menghasilkan tenaga maksimum 285 PS pada 2.500 rpm.

Teknologi mesin commonrail menggunakan tekanan tinggi dalam menginjeksikan bahan bakar untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna dan memiliki keunggulan seperti menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar, konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, serta emisi gas buang yang lebih rendah.

Pada Hino Bus Hino RN285, injektor menggunakan material Diamond Like Carbon (DLC) yang tahan terhadap gesekan sehingga menghasilkan durabilitas yang lebih baik dan mengurangi efek keausan. Penggunaan material DLC ini mencakup komponen needle, valve dan command piston.

Hino Bus RN 285 menggunakan sasis tipe ladder frame dan dilengkapi dengan suspensi udara untuk memberikan kenyamanan di perjalanan. Total panjang bus ini dapat mencapai 11,850 meter sehingga dapat dimaksimalkan untuk mengangkut penumpang hingga 55 orang.(elk)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda