Terbaru, Qatar Jadi Tuan Rumah F1, Ramaikan "Perang Teluk" di Jazirah Arab!

Kamis, 30/09/2021 20:21 WIB

mobilinanews (Qatar) - Qatar yang sebelumnya dikenal sebagai tuan rumah winter test dan seri pembuka MotoGP, mulai bulan depan ikutan sebagai pemain Formula 1 selaku tuan rumah penyelenggara.

Qatar jadi Negara Teluk ke-4 jadi penyelenggara F1, dan siap `perang` beradu daya tarik.

Baru saja Manajemen F1 secara resmi menunjuk Qatar menjadi tuan rumah slot kosong musim ini, 19-21 November 2021, yang tadinya dipakai jadi GP Australia karena negara ini gagal menjadi tuan rumah seri pembuka pada Maret lalu. Namun, partai tunda itu akhirnya juga gagal dengan sebab yang sama, pandemi Covid-19.

F1 Qatar menggunakan Sirkuit Losail yang selama ini jadi ajang balap MotoGP. Seperti adu kebut motor itu, F1 Qatar juga akan berlangsung malam hari, mulai pukul 18.00 waktu setempat. 

Sayangnya, Qatar tak lanjut jadi penyelenggara pada musim 2022. Pasalnya, negeri kaya ini ingin fokus jadi tuan rumah World Cup 2022.

Baru pada musim 2023 F1 balik ke Qatar, namun dengan rencana sirkuit baru di tengah Kota Doha agar aspek entertaintment-nya lebih terasa. Ya, aspek hiburan, itulah yang kini gencar dikejar para promotor dan penyelenggara balap F1. Termasuk di Arab. 

Qatar menjadi Negara Teluk kedua tahun ini yang jadi penyelenggara baru F1 di Jazirah Arab. Sebelumnya, Saudi Arabia juga sudah ikut jadi tuan rumah dengan hajatan pertama di dalam kota Jeddah pada November.

Dengan demikian tercatat ada 4 negara Arab yang menggelar F1, sebelumnya di Bahrain dan Uni Emirat Arab.

Kalau beberapa dekade lalu ada Perang Teluk dalam arti perang sesungguhnya, kini negara-negara teluk mulai `berperang` untuk menghadirkan berbagai event dunia, termasuk motorsport. Arab Saudi, misalnya, dalam dua tahun terakhir sudah jadi penyelenggara Rally Dakar yang kesohor itu.

Dengan masuknya GP Qatar, kini sisa race musim 2021 resmi 7 ronde lagi. Dimulai dari Turki pada 10 Oktober, disusul GP AS di Sirkuit Austin (24 Oktober) dan selanjutnya geser ke Meksiko dan Brasil.

Dan, akhir balap F1 2021 dengan 3 seri beruntun di Arab Saudi, Qatar dan UEA. (rnp)

 

TERKINI
Daihatsu Kumpul Sahabat Beri Apresiasi Erwan Erik, Setia Menggunakan Daihatsu Xenia Selama 12 Tahun GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi