MotoGP 2021 AS: Kondisi Lintasan Amburadul, Pembalap Ragukan Safety!

Sabtu, 02/10/2021 22:31 WIB

mobilinanews (AS) - Pandemi Covid-19 membuat seri balap MotoGP dan F1 tak berlangsung di Sirkuit Austin, AS, tahun lalu. Kurang perawatan, aspal sirkuit tersebut kini jadi masalah.

Tak hanya masalah bagi MotoGP yang pekan ini berlangsung di negara bagian Texas itu. Juga masalah bagi gelaran F1 di trek sama pada 24 Oktober 2021 mendatang.

Banyak pembalap yang mengeluh usai melakoni dua sesi latihan pada Jumat atau Sabtu dini hari WIB. Selain mengelupas, di banyak bagian juga terdapat permukaan yang bergelombang.

"Rasanya seperti di motokros. Ini benar-benar berbahaya. Di mata saya ini bukan trek MotoGP," komentar nyinyir Fabio Quartararo yang tengah memimpin klasemen MotoGP 2021.

"Saya tak bisa bayangkan seperti apa jadinya jika pembalap adu kencang saat raceday. Satu dua laps mungkin tak masalah, tapi 20 laps ya mari kita lihat saja," imbuhnya.

Marc Marquez, pembalap Honda yang dominan di Austin, kali ini sama sekali tak rasakan nikmat di atas motornya.

"Aneh, benar-benar aneh rasanya balapan di sini," katanya.

Seperti biasa, pembalap hanya bisa mengeluh. Tapi Dorna Sports dan Komisi Keselamatan FIM tampak tak terpengaruh. Buktinya, sesi FP3 dan 4 plus kualifikasi tetap terjadwal pada Sabtu ini atau Minggu (3/10/2021) dinihari WIB.

Toh, tak ada juga yang bisa dilakukan karena pengaspalan ulang bukan hanya mahal tapi butuh pengerjaan yang memakan waktu.

Dari sekian banyak yang mengeluh, ada juga yang tak peduli dengan situasi itu. Ia adalah Francesco Bagnaia yang bersaing dengan Quartararo di kejuaraan dunia.

Jika race dibatalkan atas nama keselamatan maka ia yang paling dirugikan. Karena itu berarti mengurangi peluangnya dan sebaliknya menguntungkan Quartaro. Maklumlah, ia masih tertinggal 48 poin. 

"Kondisinya memang berbahaya. Tapi kita sudah berada di sini dan balapan harus berlangsung," tegas Bagnaia yang incar kemenangan di Austin.

Kini, kondisi trek Austin yang amburadul jadi ikut bikin pusing FIA dan Manajemen F1. Sebuah dilema pelik. Membatalkan seri Austin pada 24 Oktober mendatang berarti kerugian sangat besar. Apalagi cari penggantinya pun pasti mustahil pada situasi akhir musim.

Delegasi FIA dikabarkan tengah memantau situasi Austin dan dampaknya bagi MotoGP. Dan, tinggal tunggu beranikah mereka merekomendasikan pembatalan gelaran F1 pads akhir bulan nanti? (rnp)

 

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag