F1 2021 Turki: Simbol Perpisahan Dengan Honda, Begini Livery Mobil Besutan Max Verstappen

Kamis, 07/10/2021 16:59 WIB

mobilinanews (Turki) - Kamis (7 Okotber 2021) pagi waktu Turki atau sore WIB, tim Red Bull Honda memperkenalkan livery khusus yang dgunakan RB16B pada GP Turki di Istambul akhir pekan ini. Untuk kali pertama tim Austria ini gunakan warna dominan putih.

Brand dan logo Red Bull bertahan dengan warna asilinya, merah, di bodi belakang kiri dan kanan mobil. Sentuhan warna hitam untuk Honda dan sponsor menjadi lebih tajam karena dicat ada latar belakang putih.

Perubahan mencolok juga tampak pada sayap depan RB16B. Empat strip bergelombang dicetak di atas kombinasai warna putih dan sentuhan merah khas Red Bull.

Livery ini sengaja dipilih Red Bull untuk mengingatkan sepak terjang awal Honda di kancah F1. Warna ini digunakan Richie Ginther di GP Meksiko 1965 saat meraih kemenangan pertama Honda di kancah balap F1. Sekaligus kemenangan pertama pembalap asal Hollywood, AS, itu, yang juga jadi satu-sayunya kemenangannya di arena F1 kurun waktu 1960-1967.

Saat itu Ginther membesut Honda RA272, mobil ikonik yang sepanjang 57 tahun ini diburu para kolektor.

"Ini penghormatan kami bagi perjalanan Honda yang luar biasa di F1. Mudah-mudahan kami bisa kembali memberikan kemenangan buat Honda bersama warna legendaris itu," kata Team Principal Red Bull Honda Christian Horner.

Kedua driver Red Bull Honda, Max Verstappen dan Sergio Perez, akan gunakan livery ini di Sirkuit Istambul Park. 

Kini Red Bull Honda bernostalgia dengan warna putihnya Honda di musim 1965. Seperti kata Horner, harapannya adalah kembali mencetak kemenangan buat Honda sekaligus mnempatkan kembali Max Verstappen di pucuk klasemen F1 2021.

Saat ini driver asal Belanda itu kalah 2 poin dari juara dunia bertahan Lewis Hamilton (Mercedes).

Tadinya livery tersebut direncanakan Red Bull untuk digunakan di GP Jepang, pada Sirkuit Suzuka milik Honda sebagai persembahan perpisahan karena Honda akan mundur dari F1 di akhir tahun 2021 ini.

Sayangnya, seperti tahun lalu maka tahun ini pun GP Jepang tak bisa dihelat akibat pandemi Covid-19 di negeri tersebut. Maka rencana itu digeser ke GP Turki yang memang jadi penggantinya. (rnp)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag