Pengamat Balap : Jl Sudirman Thamrin Jakarta Cocok Untuk Misi Balap Formula E

Jum'at, 08/10/2021 12:58 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Ruas jalan Sudirman - Thamrin Jakarta paling cocok untuk gelaran balap Formula E yang direncanakan pada Juni 2022.

"Menurut gw, sesuai dengan misinya, jalan Sudirman - Thamrin tepat untuk balap Formula E. Menjadikan Jakarta sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Formula E,  karena kita akan dilihat oleh dunia," ujar pengamat balap dan pelaku balap senior yang tidak mau disebutkan namanya.

"Jadi yang cocok ditunjukkan ke dunia adalah pusat kota Jakarta, ya jalan Sudirman - Thamrin," tegasnya.

Di samping itu, lanjut mantan pengurus PP IMI ini, dengan balapan digelar di ruas jalan Sudirman - Thamrin juga sangat cocok untuk kampanye green energy

"Cocok untuk kampanye perubahan bahan bakar minyak (BBM) ke electric (listrik) yang lebih enviroment friendly," lanjutnya.

Soal di mana spot yang ideal untuk start dan finishnya, menurut dia, bisa didesign terkait rutenya.

"FIA sudah menetapkan karakter sirkuit Formula E kan street circuit, sirkuit dibuat di jalan raya. Obyektifnya, ya, supaya kejuaraan balap mobil ini dekat dengan keadaan lalu lintas sebenarnya," terangnya.

Ditambahkan, Formula E ini digelar sekaligus untuk mempromosikan kota tuan rumah.

"Formula E ini enviroment friendly, melebihi kendaraan pada umumnya di Indonesia yang menggunakan bensin," bebernya.

Mulai tahun ini, status Formula E sudah menjadi Kejuaraan Dunia. Dan, juara dunia pertama Formula E adalah pembalap Nick De Vries asal Belanda.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta A Riza Patria menyebutkan kawasan Monas tidak bisa dipakai untuk ajang balap Formula E Jakarta/" style="text-decoration:none;color:red;">Formula E Jakarta 2022 karena masuk kawasan Ring 1.

Bahkan Wagub juga menyebutkan bahwa pihaknya telah menyiapkan 5 lokasi alternatif.

"Diantaranya di kawasan Pulau Reklamasi PIK. Tapi semua masih menunggu pihak Formula E Corporation, yang akan datang melakukan survei lokasi venue Formula E Jakarta/" style="text-decoration:none;color:red;">Formula E Jakarta," ungkap Wagub DKI Jakarta A Riza Patria. (bs)

 

TERKINI
PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang dengan Penjualan 108 SPK, Ini Keunggulan yang Ditawarkan Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia