Siap Buat Motor Listrik, Kawasaki Timbang Soal Bunyi dan Getaran Motor

Sabtu, 09/10/2021 09:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pabrikan motor asal Jepang, Kawasaki berencana akan serius menggarap motor listrik. Otoritas Kawasaki telah megumumkan bahwa pada tahun 2035, motor yang akan dijual ke pasar negara maju adalah model listrik.

Langkah Kawasaki menetapkan kebijakan ini karena mereka ingin mengarahkan kebijakan bisnis baru mereka, dengan fokus pada netralitas karbon. Lankah ini akan didukung dengan investasi dalam pengembangan powertrains hidrogen dan listrik, yang akan digunakan pada 16 model sepeda motor barunya pada tahun 2025.

Bagi Kawasaki perkembangan teknologi kendaraan listrik yang massif, dengan penjualan kendaraan listrik yang tinggi di negara maju mengindikasikan pasar yang bergerak ke motor listrik. Dan mereka tidak ingin tertinggal dalam pengembangan motor listrik.

Sebenarnya Kawasaki sendiri sudah memiliki kendaraan listrik. Namun fokusnya tidak pada pengembangan sepeda motor, melainkan pada skuter listrik dan komuter yang pasarnya terbentuk lebih awal. Karena itu, mereka akan menyiapkan pengembangan yang fokus pada motor listrik Kawasaki.

Sejumlah tantangan perlu diatasi untuk membawa sepeda motor listrik mereka ke pasar massal. Yang paling penting adalah mengatasi bobot motor listrik dan baterai, agar tidak terlalu berat.

Jika Kawasaki berhasil mengembangkan sepeda motor dengan bobot dan tenaga yang sebanding dengan sepeda motor bakar yang saat ini dijual, maka Kawasaki tak perlu meyakinkan orang untuk membelinya.

Presiden Kawasaki, Hashimoto Yasuhiko mengakui bahwa salah satu tantangan utama untuk beralih ke sepeda motor listrik adalah bagaimana mentransformasikan suara dan getaran mesin tradisional yang disukai para penggemar. Dan Kawasaki sedang mengerjakannya.

Bagi Kawasaki, ada perbedaan asas manfaat pada mobil listri dan motor. Mereka yang membeli sepeda motor Kawasaki bukan sebagai alat transportasi dari titik A ke titik B. Tetapi karena mereka menyukai sepeda motor. Karena itu, motor listrik harus dikembangkan sebaik mungkin sesuai ekspektasi mereka.(elk)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda