Sirkuit Stage Park Sentul, Ekstrim Karena Kontur dan Dibuat Sealami Mungkin

Sabtu, 09/10/2021 22:01 WIB

mobilinanews (Bogor) - Sirkuit Stage Park Sentul memang menghadirkan nuansa yang menantang lantaran didesain di perbukitan Hambalang Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Karakter yang dipenuhi dengan kontur menanjak dan menurun ini, menjadi salah satu handicap yang harus diatasi oleh para pereli nasional.

Menurut Herry Thaib atau yang akrab disapa Aik, selaku master Track Stage Park Sentul, kondisi tersebut memang bukan sengaja dibuat untuk menantang peserta rally.

"Ini track alami, saya mengikuti kontur alam banyak tanjakan dan turunan sehingga tidak bisa diratakan lagi. Ya tanjakan ini sebagai handicap bagi peserta yang harus dihadapi," ungkap Aik kepada mobilinanews.

Saat pengerjaannya, meski memakan waktu sekitar satu bulan penuh, banyak rintangan yang harus di hadapi Aik dalam menbuat lintasan ini. Ada dua hal yang menurutnya menjadi handicap tersendiri saat meracik lintasan Stage Park Sentul.

"Jadi mungkin ini terbalik dari biasanya. Saat diserahkan tugas untuk buat track ini, untuk menggambarkan lay out, saya rasa enggak bisa. Karena pertama terhambat dengan kontur dan kedua ternyata tanah ini dalamnya sudah batu semua karena ini basicnya bukit," terang Aik.

Tidak hanya persoalan batu yang sudah mendarah daging, tetapi ada faktor lain yang juga menjadi concern Aik agar tidak menimbulkan dampak yang lebih besar terkait keberadaan lintasan Stage Park Sentul.

"Kemudian ada beberapa lahan yang dikelola masyarakat dan mereka mau panen singkong, kita juga enggak sampai hati untuk memakai lahan mereka untuk dijadikan track. Jadi akhirnya saya keliling pake beko, dan lay out ini saya buat untuk menghindari batu dan lahan warga," tambahnya.

Mengenai dimensi, secara keseluruhan Stage Park Sentul memiliki lebar lintasan sekitar 5 meter. Di awal, Aik menginginkan dimensi yang lebih besar namun ia mendapat masukan dari Hutomo Mandala Putra sebagai pereli senior dan pemilik lahan agar lebih disesuaikan.

"Akhirnya lebar track rata-rata 7-8 meter. Sebenernya pesen dari pak HPM (inisial Hutomo Mandala Putra) pengen lebarnya 5 meter. Tapi, meski jalan utamanya 5 meter, saya tetap siapkan safety areanya satu meter di kanan dan kirinya. Itulah makanya lebih lebar,"  tandas Aik. (hf)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda