Apresiasi Karya Anak Budi Luhur, Bamsoet Siap Sponsori Motor Listrik BL-SEV01 Hingga Produksi Massal

Selasa, 12/10/2021 15:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras tim dosen dan mahasiswa yang telah menghasilkan karya monumental mereka melalui kehadiran hingga uji coba motor listrik BL-SEV01 dalam turing panjang Jakarta-Mandalika.

Bagi Ketua IMI, hasil karya anak bangsa ini patut diapresiasi dan didukung ke depan karena mereka sudah on the track, dalam membantu pemerintah untuk percepatan transformasi kendaraan konvensional ke kendaraan listrik, yang akan sangat membantu ekonomi Indonesia ke depan.

"Apa yang dilakukan Pak rektor dan tim Budi Luhur itu, merupakan suatu perjuangan untuk membantu negara dalam percepatan transformasi ke kendaraan listrik, plus memerangi polusi udara yang dihasilkan kendaraan konvesional," kata Bambang yang juga merupakan Ketua MPR RI di Universitas Budi Luhur, Selasa (12/10/2021)

Bambang membeberkan setiap tahun, negara mengucurkan subsidi bahan bakar minyak (BBM) sekitar Rp 16,6 triliun. Angka ini sangat besar, sehingga jika percepatan penggunaan kendaraan listrik berjalan, akan sangat membenatu ekonomi Tanah Air.

"Kita setiap tahun subsidi BBM 16,7 trilius. Kita harus bantu negara untuk memangkas konsumsi bahan bakar fosil. Subsidi bahan bakar ke depan harus didorong lewat migrasi dari kendaaan bermotor konvensional ke listrik, sehingga ke depan ada percepatan transformasi dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik," tuturnya

Imi, lanjut Bambang, akan menjadi mensupport im Universitas Budi Luhur agar terus mengembangkan motor listrik BL-SEV01 ini, mulai dari uji tipe untuk kelayakan dalam berkendara sesuai dengan aturan termsuk produksi massal nantinya.

"IMI akan bersedia menjadi sponsor dan IMI akan mendukung uji tipe motor ini. Apakah sudah memenuhi unsur keselamatannya, apa sudah terjamin apa belum. Jadi untuk unsur keselamatan harus melalui uji tipe terlebih dahulu," ungkapnya

Namun ia yakin, dengan kemampuan tim Universitas Budi Luhur yang memiliki kapasitas tersebut, dapat mengembangkan motor ini, hingga layak untuk ada di jalan seperti kedaraan lainnya.

S"aya yakin kemampuan dari kawan-kawan tim mampu membuat motor ini layak dan IMI akan mensupport dan mendukung uji tipe ini, sampai diproduksi secara massal," imbuhnya.

"Selamat pada adik-adik sekalian atas karya motor listriknya, semoga tetap berkarya dan menghasilkan lebih banyak lagi produk kendaraan listrik untuk menjadi kebanggan Indonesia," tukasnya. (elk)

TERKINI
FIFGROUP Resmikan Kampung Berseri Astra, Binaan Pertama Di Kota Depok F1 2024: Max Verstappen, "Dibayar 250 juta Euro pun Tak Cukup Membuat Saya Pindah ke Mercedes" Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024