WRC 2021: Gairah Andrea Adamo, Ingin Hyundai Lawan Toyota Hingga Detik Terakhir

Senin, 18/10/2021 19:49 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Dua Hyundai i20 WRC 2021 mendominasi Rally Spanyol yang berakhir Minggu (17/10) kemarin. Double podium yang bikin happy seluruah keluarga Hyundai Motorsport. Termasuk sang pemimpin, Andrea Adamo.

Thierry Neuville menjadi juara dengan penampilan tercepat pada 9 dari total 17 SS (Special Stage). Pereli Hyundai lainnya, Dani Sordo, tercepat di 4 SS. Para pembesut Yaris WRC dari tim Toyota Gazoo Racing hanya meraih 4 kemenangan di SS. Sebastien Ogier dan Elfyn Evans masing-masing dapat jatah dua SS.

Meski tak lagi berpeluang jadi juara dunia tahun ini, Neuville dan Sordo punya kepuasan tersendiri di Catalunya. Ini kemenangan kedua Neuville musim ini sekaligus memperkuat posisinya di 3 Besar klasemen.

"Kami berjuang sangat keras di semua stage. Sayangnya, kami mengalami banyak tekanan jelang power stage dengan kerusakan motor atarter mesin. Benar-benar bikin stres, dan itulah satu-satunya peristiwa mengecewakan dari akhir pekan yang sangat positif ini," tutur pereli Belgia itu yang mengalahkan Evans 24,1 detik di garis finish.

"Saya happy untuk Candido, Ini podium pertama kami sejak berpasangan," ucap Sordo menyebut sang navigator anyarnya, Candido Carrera.

Tak kalah bergairah adalah Adamo. Double podium di Catalunya membuat Hyundai i20 Coupe WRC meraih total podium 16 kali musim ini, sebuah rekor baru. Yang juga ia garis bawahi adalah dominasi mobil mereka di trek aspal Catalunya, yang jadi pengulangan sukses dari musim 2019 di trek yang sama. 

Dari finish 1 dan 3 plus posisi pertama dan kedua di Power Stage, total poin yang dibawa pulang Hyundai berjumlah 49. Ini membuat Toyota gagal mengunci gelar juara dunia konstruktor di Rally Catalunya.

"Kami memaksa perburuan gelar konstruktor diperpanjang hingga Rally Monza sebagai putaran terakhir tahun ini. Setidaknya masih ada pertarungan yang bisa dinikmati fans hingga seri terakhir. Kami akan fight hingga detik terakhir," kata Adamo yang tak ingin menyerah meski peluang timnya meraih gelar sangatlah berat.

Saat ini Hyundai tertinggal 47 poin dari Toyota di klasemen konstruktor. Guna mendapuk trofi, dua mobil mereka harus berada di podium Monza sembari berharap tak ada Toyota yang berada di podium.

Dan, itu juga belum tentu berhasil karena salah satu Yaris WRC  berhasil finish di 5 Besar maka gelar juara tetap milik tim pabrikan Jepang itu.

Tapi, seperti dibilang Adamo, yang penting adalah masih tersedia persaingan yang bisa dinikmati penggemar reli dunia. Hingga kejuaraan benar-benar tuntas. (rnp)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda