MotoGP 2022 : Teammate Andrea Dovizioso di Yamaha Ini Lompat Dari Moto3, Ternyata Adik Brad Binder!

Kamis, 21/10/2021 22:35 WIB

mobilinanews (San Marino) - Lama menjadi isu, akhirnya Darryn Binder resmi mendarat di MotoGP. Ia tembak langsung tanpa kompetisi di Moto2 sebagaimana lazimnya. Adik kandung rider KTM, Brad Binder, ini menjadi tandem Andrea Dovizioso yang sudah keluar dari masa cutinya.

Keduanya akan membela tim satelit Yamaha, RNF Yamaha MotoGP Team. Tim ini adalah kelanjutan tim satelit Yamaha selama ini, Petronas Yamaha Srt, yang bubar di akhir musim 2021.

Meski nama, sponsor dan kepemilikan baru, tim ini tetap dipimpin Razlan Razali yang sejak 2019 memimpin seluruh tim yang disponsori Petronas di ajang grand prix, termasuk tim Binder di Moto3.

Managing Director Yamaha Lin Jarvis menyambut baik kedatangan Binder pada line up Yamaha 2022. Pembalap Afrika Selatan itu dikontrak setahun namun dengan opsi perpanjangan hingga 2023. Binder - Dovi, kata Jarvis, adalah kombinasi ideal antara yunior dan senior dalam tim satelit Yamaha.

"Darryn punya talenta. Saya harap ia bisa meneruskan prestasi tim satelit seperti diperlihatkan pasangan Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli pada 2019-2020," kata Jarvis lewat rilis yang dikirimkan Yamaha Racing ke redaksi mobilinanews.com.

Binder sendiri tak menyangka kalau ia mencapai jenjang MotoGP dengan cara melompat dari Moto3. 

"Namun saya siap dengan tantangan itu. Saya akan kerja kerasa dan terus belajar dalam masa debut tahun depan," katanya.

Sudah mengaspal di Moto3 sejak musim 2015, sebenarnya prestasi Binder tak istimewa. Tahun lalu dengan besutan KTM, ia meraih satu-satunya kemenangan miliknya di GP Andalusia. Di akhir rmusim ia berada di peringkat 8 klasemen.

Musim 2021 ia ganti besutan pakai Honda dan sementara ini berada di urutan 6 klasemen. Ia baru 2 kali naik podium tahun ini, tanpa sekali pun menang.

Namun, sponsor dan pasar komersial Afrika Selatan bisa jadi salah satu faktor yang membuat RNF MotoGP Team dan Yamaha `memaksanya` lompat dari Moto3 ke kelas primer.

Binder bukan pembalap pertama yang lompat seperti itu. Jack Miller yang sekarang berada di tim pabrikan Ducati, melakukan hal sama pada akhir musim 2014. Ia lompat ke MotoGP lewat promosi Honda dan dititipkan pada tim satelit LCR Honda.

Bednya, pada musim 2014 itu Miller tampil trengginas dengan 10 podium (6 diantarnya sebagai juara). Ia tarung di kejuaraan dunia. Sayangnya hanya meraih runner up di pengujung tahun  lantaran kalah hanya 2 poin dari Alex Marquez sang juara dunia. (rnp) 

 

TERKINI
Wuling Resmi Buka Pemesanan Cloud EV di PEVS 2024, Harga Pre-book Rp410 Juta FIF Terima Fasilitas Pinjaman Berkelanjutan Senilai 60 Juta Dolar GWM dan Spirit Global di Ajang Beijing International Automotive Exhibition PT BYD Motor Indonesia Tanda Tangani Kerja Sama Pembelian Lahan dengan PT Suryacipta Swadaya untuk Pengembangan Industri EV BYD