Modifikasi Soluna Lawas Aliran Racing Elegan Tampil Memikat, Doyan Ikut Kontes

Sabtu, 23/10/2021 10:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Siapa bilang mobil lawas tak bisa tampil menawan dan memikat, di tengah arus mobil baru yang serba modern, dengan desain futuristik dan gelimangan fitur saat ini.

Toyota Soluna GLI lansiran tahun 2021 milik Eko Mundir membuktikannya. Eko yang menjadikan Soluna lawas sebagai tunggangannya, memilih jalan modifikasi untuk membuat mobilnya tampil out of the box.

Setelah membeli Soluna GLI-nya tahun 2016, ia mengubah wajahnya dengan mengganti kaca lampu model lama dari kaca yang terkesan kaku, dengan head lamp facelift 2002 dengan mika dan engle eyes plus set running, sehingga mobil tampak lebih muda dan tampan.

Tak hanya itu, ia juga secara bertahap mulai membangunnya menjadi mobil keren dan lebih mapan untuk tampil di sejumlah kontes di Tanah Air. Hasilnya tak bebohong, tak jarang mobilnya menggaet juara di sejumlah kategori yang dikompetisikan.

"Dari kecil saya suka dengan otomotif. Tapi karena kita belum memiliki uang jadi ngayal aja. Tapi setelah bekerja, bisa beli mobil pakai uang sendiri, saya coba membangunnya pelan-palan," kata pria asal kota Atambua, Nusa Tenggara Timur ini.

Tampilan Toyota Soluna dengan body kit yang memberi kesan keren 

Toyota Soluna milik Eko mendapat modifikasi total, mulai dari sektor eksterior, interior, audio hingga enginenya. Modifikasinya berlangsung cukup lama karena dilakukan bertahap dan sesuai kebutuhan kontes.

Modifikasi

Hasil terakhir dari modifikasi mobilnya, sebut Eko mengarah pada aliran Racing Elegan dengan merubah banyak sektor mulai dari bodykit hingga menyentuh mesin dengan melakukan swap engine.

Pada sisi eksterior, Eko mengaplikasikan bodykit Mugen, memakai head lamp eagle eye dari Vente Vision, sensor parkir, kamera mundur dan tambahan moonroof hasil copotan Honda odyssey yang memberikan kesan mewah pada Solunanya.

Melongok ke bagian interior, Soluna ini mendapatkan speedometer custom yang diubah dari analog ke digital yang langsung dipesan dari Thailand, jok, plafon dan bagian interior lainnya dilapisi dengan material kulit sintetik dari Accura.

Selain itu, mobil ini juga menggunakan taco meter, boks leading custom, spion standarnya juga diganti dengan model Retrack yang bisa menutup dan membuka otomatis.

Untuk memanjakan penumpang dalam mobilnya, audio pun mendapatkan full modifikasi, dengan menggunakan head unit Pionner Avh x8550BT, Power 4 Channel dari Venom Diablo dan Affix, monoblok harmoni tx 5000, Prosesor Magic Pro, 3 Way Meridian, tweter Dome Ten fox, midren ten fox dan subwoofwer dari Domination Disturbia.

Bagian mesinnya mendapat swap engine dari matic ke manual. Blok dan head mesin mendapatkan krom, menggunakan open filter, tambahan porting dan polish (PnP), Samco slang radiator, Busi Iridium Denso dan Blue Thunder.

Sisi Exhaust full sytem juga turut mendongkrak kinerja mesinnya, dengan ubahan dengan menggunakan header 41 panjang dari ORD, Resonator dari ORD, Pipa berbahan Monel dan Muffler 5 Zigen.

Toyota Soluna lawas dengan modifikasi full audio

Bagian kaki-kaki turut mendukung tampilan ciamik mobil tersebut. Soluna GLI itu, memakai Velg Racing Work Meister ring 16 dengan lebar 7,5 dan 8,5 inci, ban menggunakan Achilles depan ukuran 165/50-16 dan belakang ukuran 195/45-16. Sementara suspensinya statis dengan memotong per.

Prestasi

Soluna GLI milik Eko ini sudah malang-melintang diberbagai kontes. Ia tampil terakhir pada kontes diajang Soluna Funday 26 Septermber 2021 di Cakung, Jakarta Timur dan memenangkan 4 kategori sekaligus yakni The Best Street Racing Interior, The Best Racing Interior, The Hottest Ice, The Hottest Engine Bay.

Selain itu, mobil Soluna berkelir silver ini juga, sudah pernah ikut nongkrong dalam ajang modifikasi di event Pria Punya Selera milik Djarum Super dan kontes yang diadakan Busi NGK.

Sebagai modification hobbies, Eko selalu memiliki ide untuk terus mendandani dan mengembangkan mobilnya. Ia mengaku untuk mendapatkan tampilan keren mobilnya saat ini ia telah mengeluarkan kocek kurang lebih Rp 100 juta.

"Sebenarnya untuk modifikasi mungkin budgetnya sudah lebih dari Rp 100 jutaan, tapi karena dikerjakan bertahap jadi tidak kerasa. Saya puas dengan mobil saya saat ini," tutur pria asal daerah perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste itu.(elk)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda