Juara Dunia MotoGP 2021, Ini Sederet Rekor Milik Fabio Quartararo!

Senin, 25/10/2021 00:07 WIB

mobilinanews (San marino) - Terkendala sejak sesi latihan hingga kualifikasi, bahkan masuk jurang Q1, Fabio Quartararo sudah ikhlas jika tak bisa mengunci gelar dunia di seri Misano2. Apalagi ia start dari P15 sedangkan saingannya, Francesco Bagnaia, start dari pole position.

Tapi, sekali lagi, terbukti kalau banyak hal tak terduga bisa terjadi di ajang balap. Tampil impresif sejak sesi Q1 sampai meraih pole di Q2, Bagnaia juga apik dan memimpin balapan hingga 4 lap sebelum finish. 

Tiba-tiba motornya tergelincir dan terbanting ke gravel. Ia DNF dan saat itulah Quartararo memastikan diri jadi juara dunia. Saat disalip Enea Bastianini jelang finish, pikirannya masih ke mana-mana.

Ia jadi pembalap Prancis pertama dalam sejarah yang menjuarai grand prix 500cc yang kini bernama MotoGP.

Dioetik dari motogp.com, rekor lain milik El Diablo adalah:
6 - Fabio Quartararo adalah pebalap termuda keenam yang meraih gelar juara dunia kelas utama, berusia 22 tahun, 187 hari pada hari balapan GP Emilia Romagna. DI belakang John Surtees (22 tahun, 182 hari) dan di depan Valentino Rossi (22 tahun, 240 hari).

3 - Di era MotoGP™, Quartararo adalah pebalap termuda ketiga yang melakukannya di belakang Marc Marquez (20 tahun, 266 hari) dan Casey Stoner (21 tahun, 342 hari).

1 - Quartararo menjadi pebalap termuda Yamaha yang meraih gelar juara dunia kelas premier mengungguli Jorge Lorenzo yang berusia 23 tahun 159 hari saat merebut gelar di Malaysia pada 2010.

1 - Quartararo menjadi pebalap Prancis pertama yang meraih gelar juara dunia kelas utama dan ketujuh secara keseluruhan dalam balap GP bersama dengan Johann Zarco (2 gelar di Moto), Mike Di Meglio (1), Arnaud Vincent (1), Olivier Jacque (1), Christian Sarron (1) dan Jean-Louis Tournadre (1).

7 - Prancis menjadi negara ketujuh yang meraih gelar juara dunia kelas utama.

16 - Secara keseluruhan, Quartararo menjadi pebalap ke-16 yang langsung juara kelas utama bersama Les Graham, Umberto Masetti, Libero Liberati, Barry Sheene, Kenny Roberts, Marco Lucchinelli, Franco Uncini, Eddie Lawson, Wayne Gardner, Wayne Rainey, Kevin Schwantz, Mick Doohan, Kenny Roberts Jr., Nicky Hayden dan Casey Stoner.

3 - Di era MotoGP™, Quartararo menjadi pebalap ketiga yang meraih gelar tanpa sebelumnya merebut gelar di salah satu kelas yang lebih kecil bersama Nicky Hayden dan Casey Stoner.

9 - Dengan merebut gelar MotoGP™, Quartararo menghentikan urutan sembilan gelar kelas utama dari pembalap Spanyol: enam dengan Marc Marquez, dua dengan Jorge Lorenzo dan satu dengan Joan Mir.

18 - Quartararo menjadi pebalap Yamaha pertama yang merebut gelar juara dunia kelas utama sejak Jorge Lorenzo pada tahun 2015 dan ketujuh secara keseluruhan bersama dengan Giacomo Agostini (1 gelar kelas utama), Kenny Roberts (3), Eddie Lawson (3), Wayne Rainey (3), Valentino Rossi (4) dan Jorge Lorenzo (3). Ini merupakan gelar ke-18 pebalap Yamaha di kelas premier.

6 - Quartararo berada di urutan keenam dengan Max Biaggi dan Maverick Vinales dalam daftar pebalap Yamaha dengan kemenangan kelas utama terbanyak di belakang Kenny Roberts (22 kemenangan). Valentino Rossi memimpin dengan 56 kemenangan kelas utama bersama Yamaha.

20 - Dengan 20 podium kelas utama sejauh ini, Quartararo adalah pembalap Prancis dengan podium terbanyak di kelas ini, di depan Christian Sarron (18 podium).

8 - Dengan delapan kemenangan kelas utama sejauh ini, sejak kemenangan kelas utama perdananya di GP Spanyol 2020, Quartararo telah hampir tiga kali lipat jumlah kemenangan Prancis sebelumnya (satu untuk Regis Laconi, Christian Sarron dan Pierre Monneret).

10 - Musim ini Quartararo telah berdiri di podium MotoGP™ lebih dari pebalap lainnya (10 kali), termasuk lima kemenangan. Ini adalah pertama kalinya pebalap Yamaha mencetak lima (atau lebih) kemenangan kelas utama sejak Jorge Lorenzo pada 2015 (tujuh kemenangan). Pembalap Yamaha terakhir dengan lebih dari 10 podium dalam satu musim adalah Valentino Rossi (15 podium) dan Jorge Lorenzo (12) pada 2015.

7 - Untuk tahun ketujuh berturut-turut, pebalap yang merebut gelar juara dunia kelas utama gagal memenangkan balapan pembuka musim ini. Yang terakhir melakukannya adalah Marc Marquez pada 2014. (rnp)

TERKINI
Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta