Round Final Kejurnas IDMC 2020 Bentrok Kejurnas Gokart, Daffa AB Kabur ke Bogor Usai Race!

Kamis, 28/10/2021 15:48 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Setelah lama ditunggu, akhirnya Round 6 (final) Kejurnas IDMC (Indonesia Digital Motorsport Championship) 2020 akan dilangsungkan pada Minggu (31/10/2021) dari pukul 14.00 - 17.00 WIB. 

Menurut ketua panpel IDMC, Rinto Ari Rakhmanto yang juga selaku Direktur Digital Motorsport Simulator IMI Pusat, pada putaran final ini memllih sirkuit virtual Sentul International Circuit untuk berlaga para peserta. 

"Untuk mobilnya, McLaren 720s GT3. Dan untuk diketahui, Kejurnas IDMC 2020 ini memperebutkan Piala Ketua MPR-RI yang juga Ketua Umum IMI Pusat Bambang Soesatyo," ujar Ari Rinto Rakhmanto kepada mobilinanews.

Tiga kelas diperlombakan yakni Non-Seeded, Seeded B dan Seedad A, serta memperebutkan total hadiah senilai Rp 200 juta lebih.

Daffa AB, siap kabur ke Bogor usai race kelas Junior Rok di Kejurnas Gokart Sentul

Namun menurut Irjen (P) Anang Boedihardjo, manajer Daffa AB peserta dari kelas Seeded A, harusnya penyelenggara memikirkan bahwa IDMC yang juga sudah masuk Kejurnas dan di bawah naungan IMI tidak boleh diadakan bersamaan waktunya dengan kejurnas olahraga mobil lainnya. 

"Kan pada waktu bersamaan, juga berlangsung Kejurnas Gokart Eshark Rok di sirkuit Sentul, di mana beberapa pegokart diantaranya juga peserta IDMC. Seperti Daffa AB yang kebetulan sudah leading poin di IDMC, juga tengah berjuang di kejurnas gokart kelas junior kali ini memasuki round ke-5," ungkap Irjen Anang.

Untung saja, lanjut Irjen Anang, hingga usai putaran 5 IDMC 2020, Daffa masih memimpin klasemen Seeded A dengan poin jauh di atas pembalap lainnya. "Sehinggga walau pun Daffa tidak bisa ikut balap pada seri pamungkas tetap leading di posisi teratas," lanjutnya. 

Update terbaru, Daffa tetap akan mengikuti seri 6 Kejurnas IDMC 2020 dengan akan menggunakan perangkat Simulator milik temannya yang tinggal di Bogor. Kebetulan temannya itu akan ikutan di kelas Non-Seeded, yang akan dilangsungkan duluan.

Konsekuensinya, selesai race kelas Junior Eshark Rok Cup di SIKC, Daffa segera berkemas menuju Bogor.    

Sebelumnya telah diberitakan Daffa AB, sim racer yang mendapat julukan sebagai New Baby Alien telah mengunci gelar juara nasional kelas paling bergengsi Seeded A Kejuaraan Nasional IDMC 2020, setelah memenangi round 5 di sirkuit virtual Suzuka Jepang, Minggu (2/5/2021).

Ini merupakan kemenangan pelajar Home Schooling Kak Seto ini ke-4 secara berturut-turut pada event memperebutkan Piala Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo yang juga Ketua Umum IMI Pusat.

Hanya pada round pembuka saja Daffa AB harus menduduki posisi runner up, sedang juaranya adalah Andika Rama Maulana yang merupakan sim racer kawakan dan juara nasional bertahan.

 Secara hitung-hitungan, poin Daffa AB sudah tidak mungkin terkejar pembalap lain termasuk rival terdekatnya Andika Rama Maulana yang menguntit di posisi kedua.

Dengan menjuarai round ke-5, Daffa AB mendapat tambahan poin penuh 20, dari sebelumnya 77 poin yang telah dikoleksinya sehingga total menjadi 97 poin.

Sementara Andika Rama Maulana dengan finish ke-4 mengumpulkan 13 poin ditambah 63 dari total poin sebelumnya menjadi 76 poin.

Dengan selisih 21 poin, seandainya pun Andika Rama Maulana menjadi juara 1 di putaran 6 (penutup) nanti, berarti mendapat 20 poin, itu pun dengan catatan Daffa AB tidak finish atau tidak ikutan putaran terakhir sekali pun masih kurang untuk menyalip poin yang telah dikumpulkan Daffa AB. (wan)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag