BMW Group Dukung Produksi Karet Alam Berkelanjutan untuk Ban Mobil

Senin, 01/11/2021 13:35 WIB

mobilinanews (Jakarta) – BMW Group dan Pirelli bergabung dengan Birdlife International menggarap proyek tiga tahunan untuk mendukung produksi jangka panjang karet alam yang berkelanjutan dan bebas deforestasi di Indonesia.

Proyek ini menangani hutan hujan Hutan Harapan di Pulau Sumatera, yang merupakan rumah bagi sekitar 1.350 spesies hewan yang berbeda.

Proyek ini akan berupa serangkaian inisiatif untuk tingkatkan kualitas hidup masyarakat adat dengan melindungi hak-hak petani atas tanah dan mempromosikan hak-hak perempuan, melestarikan kawasan bebas deforestasi seluas 2.700 hektar dan melindungi beberapa spesies yang terancam punah.

Berbagai kegiatan akan dilaksanakan sejalan dengan tujuan Global Platform of Sustainable Natural Rubber (GPSNR), platform multi-stakeholder untuk pengembangan bisnis karet alam secara berkelanjutan, di mana BMW Group, Pirelli dan Birdlife International adalah founding members.

Kemitraan antara BMW Group dan Pirelli dalam mendukung Hutan Harapan Indonesia merupakan bagian dari jalan bersama menuju karet alam yang berkelanjutan.

Dalam hal ini, Pirelli mengembangkan dan memproduksi ban pertama di dunia, Pirelli P ZERO, yang telah disertifikasi oleh Forest Stewardship Council (FSC), yang digunakan pada the new BMW X5 Plug-in-Hybrid, menjadi mobil pertama di dunia yang dilengkapi dengan ban bersertifikasi ini.

Aktivitas ini menggunakan pendekatan Agroforestry dalam konteks karet alam, untuk mengoptimalkan hubungan antara produksi dan diversifikasi pendapatan dengan tambahkan variasi tanaman di area yang sama dan melestarikan keanekaragaman hayati dan melakukan sekuestrasi karbon.

Selain itu, ada Good Agricultural Practices (GAP) berupa pelatihan bagi petani kecil tentang praktik budidaya dan pengelolaan perkebunan yang baik, untuk mendukung lingkungan, produktivitas, dan peningkatan kondisi hidup dan kerja petani kecil.

Keterlibatan masyarakat lokal yakni keluarga petani yang aktif di daerah tersebut untuk mengidentifikasi, memastikan penghormatan dan perlindungan hak-hak tempat tinggal mereka. Juga pemantauan dan pemeriksaan langsung kawasan hutan melalui warden, drone dan teknologi kontrol satelit.

Ada juga pemberdayaan perempuan dengan mengembangkan keterampilan dengan tujuan untuk mendapatkan peran baru yang potensial, dengan perhatian khusus pada kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan karet alam yang berkelanjutan dan perlindungan keanekaragaman hayati dan hutan.

"Proyek kami di Indonesia akan membantu masyarakat dan ekonomi lokal untuk bekerja lebih selaras dengan alam. Pada saat yang sama, kegiatan ini juga akan mendukung masyarakat lokal dengan peningkatan metode budidaya tradisional mereka untuk karet alam dengan lebih profesional," kata BMW AG Board Member for Purchasing and Supplier Network, Andreas Wendt.(elk)

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing