MotoGP 2021 Valencia: Perpisahan Valentino Rossi, Ini Reaksi Pembalap Formula 1

Minggu, 14/11/2021 19:37 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Seri pamungkas MotoGP 2021 di Valencia, Spanyol, hari ini berlangsung pada hari yang sama dengan seri ke-19 Formula 1 di Interlagos, Brasil.

Hari ini adalah penampilan terakhir Rossi di ajang MotoGP dalam usia 42 tahun. Dan, rupanya para pembalap F1 ikut merasa kehilangan.

Pembalap muda Inggris yang tengah menanjak, Lando Norris (McLaren), mengaku sedih tak lagi bisa melihat pujaannya balapan. Ia menyebut Rossi sebagai pria yang menginspirasi dirinya jadi pembalap seperti saat ini.

"Ia pria yang saya tonton pada usia 4, 5 dan 6 tahun. Ia membawa saya ke dunia balap, awalnya adalah balapmotor sebelum mobil dan saat ini F1. Ia telah menjadi orang yang saya kagumi sampai sekarang. Ia membantu saya berada pada situasi saat ini. Jika dulu tak menontonnya, ambisi saya menjadi pembalap tak akan begitu tinggi," kata Norris.

"Saya beruntung beberapa kali bertemu dengannya. Minggu lalu kami sempat saling tukar pesan elektronik. Saya akan merindukannya. Jutaan penggemr fanatiknya juga kehilangan."

Salah satu yang terbaik dari The Doctor, kata Norris, adalah karakternya di antara banyak orang dan penggemar. Ia punya waktu untuk semua orang. Dan, ia seorang pria baik.

Bukan hanya Norris. Lewis Hamilton, Fernando Alonso dan Carlos Sainz juga merasa kehilangan. Alonso dan Sainz menyebut Rossi seorang legenda yang membawa perubahan pada  balap motor sampai semeriah saat ini. Keduanya pun mendoakan Rossi untuk dapatkan kehidupan terbaik pada episode berikutnya.

"Sangat menyedihkan melihat Vale berhenti. Tetapi, drive-nya, pendekatannya dan semua yang ia lakukan sangat luar biasa. Ia legenda. Salah satu pembalap terbesar atau bahkan yang terbesar," komentar Hamilton yang juga beberapa kali bertemu Rossi dan mengaku sedih melihat MotoGP tanpa Valentino Rossi lagi.

Juara dunia F1 7 kali itu pun memaklumi pilihan The Doctor untuk pensiun.

"Ini akan jadi saat indah baginya. Karena saat ini ia tengah membangun keluarga."

Secara khusus Hamilton menceritakan sebuah acaranya bersama Rossi pada 2019. Saat dimana ia membesut Yamaha M1 milik Rossi dan sebaliknya Rossi mengendarai Mercedes andalan Hamilton dan melaju bersama.

"Saya merasa istimewa memiliki pengalaman rukar tunggangan bersamanya di dalam sirkuit. Saya akan selalu mengingat hal ini," tutup Hamilton. (rnp)

 

 

TERKINI
GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya! Riding Clan of Classy, Ekspresikan Anak Muda Pengguna Yamaha Fazzio Hybrid di Surakarta Tekiro Adakan Servis Gratis di Kampus ITS Surabaya, Incar Terpelajar