Sebagai Official Partner Trade In GIIAS 2021, OLX Autos Punya Solusi untuk Jual Beli Mobil Tanpa Rasa Khawatir

Selasa, 16/11/2021 20:01 WIB

mobilinanews (Tangerang) - Pasar mobil bekas ikut mengalami peningkatan yang signifikan pasca pemerintah memberlakukan PPKM Level 1 di beberapa wilayah.

Menyambut pasar yang kini berangsung membaik tersebut, sejalan dengan gelaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dilangsungkan sejak 11 November hingga 21 November 2021, OLX Autos, sebagai layanan jual beli tukar tambah mobil juga tampil sebagai official partner trade in pada pameran tersebut.

Melalui official partner trade in tersebut, pengunjung GIIAS atau masyarakat bisa langsung melakukan pemeriksaaan kondisi mobil mereka untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan berapa harga kisaran ketika mobil tersebut dijual.

Pemeriksaan mobil tersebut dilakukan di area outdoor Hall 10 dan setiap konsumen atau pengunjung yang melakukan inspeksi tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan tersebut, para inspektor dari OLX Autos, telah dibekali dengan beberapa Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai pedoman dalam memeriksa mobil konsumen.

"Jadi kita bilang ini memang yang kita terapkan, jadi kita memang ada prosedur yang ketat. Inspektor kami meskipun punya kompetensi dan rata-rata berpengalaman di area yang mereka kerjakan, tapi kita tetap meminta mereka untuk mengikuti prosedur yang kita terapkan," jelas Hendri Tadjuni, Chief Operation Officer OLX Group Indonesia, dalam bincang-bincangnya.

Adapun dalam menjalankan SOP tersebut, para inspektor ini tidak hanya memeriksa kondisi mobil dengan sembarangan. Tetapi, mereka sudah dibekali dengan cara pemeriksaan yang berbasis aplikasi.

"SOP antara lain berbasis Apps, dan inspektor ini harus mengikuti proses dari aplikasi SIMPLE. Jadi dari aplikasi tersebut ada 6 sudut, di situ ada titik-titik yang harus mereka lihat dan mereka simpulkan kondisinya. Ambil contoh, dari bagian depan, difoto dan dilihat satu-satu semua bagian depan. Dan itu semua harus ada prosesnya," tambahnya.

Hendri Tadjuni, Chief Operation Officer OLX Group Indonesia (kanan) memperlihatkan proses inspeksi mobil (Foto : hf)

Sebagai pemberi rasa aman dan nyaman kepada calon pembeli serta penjual dalam mendeskripsikan kondisi mobil, para inspektor tidak diperkenankan untuk memeriksa dengan cara manual. Mereka harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan sehingga hasil dari pemeriksaan tersebut lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Dan proses ini yang kita junjung keakuratan dan kita minta kepada mereka supaya menerapkan SOP ini meskipun mereka berpengalaman, tapi mereka harus tetap memperhatikan dengan teliti kondisi mobil saat diinspeksi," beber Hendri.

Dengan adanya jasa inspektor yang diberikan oleh OLX Autos, maka pemilik mobil yang hendak menjual kendaraan atau pembeli yang ingin mencari kendaraan, mereka tidak lagi melakukan cara konvensional dengan melihat kondisi mesin, mengecek kolong mobil, atau sampai mengetuk bodi mobil untuk melihat seberapa bagus kondisi mobil tersebut.

"Jadi itu yang mungkin kita berikan kepada konsumen bagaimana untuk menghargai mobil mereka dengan harga yang sangat wajar dan sangat standar. Jadi mereka tidak lagi menggunakan metode lama yakni mengecek kolong, atau mengetuk bodi, jadi melalui inspektor ini mereka sudah bebas dari rasa khawatir," imbuhnya.

Melalui layanan official trade in pada pameran GIIAS 2021, pengunjung serta konsumen bisa memanfaatkan apa yang ditawarkan oleh OLX Autos.

"Jadi kita pakai SOP, siapapun calon penjual atau pembeli dan mereka ingin memanggil inspektor ke rumah, standar ini tetap terjaga. Dan untuk melakukan ini dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk menginspeksi mobil konsumen," tandas Hendri. (sya)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh