Bangga, Ekspor Spareparts Suzuki Tembus 40 Negara Hingga Punya Distributor di Eropa

Sabtu, 20/11/2021 02:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tak hanya jago kandang dalam urusan penjualan mobil dan penyediaan layanan after sales. Sebagai salah satu pemain utama di pasar otomotif Indoensia, Suzuki juga dituntut untuk mengekspor kendaraannya untuk mendukung perekonomian.

Hal itu dijawab dengan ragam jenis kendaraan yangb dikirim ke berbagai negara. Produk seperti Ertiga, Suzuki Carry, XL7 dan yang lainnya ikut dikirim ke berbagai negara. Begitu pun dengan kendaraan roda duanya.

Ekspor Suzuki terus meningkat setiap tahun. Dalam catatannya, ekspor perioder Januari hingga Oktober 2021, naik 34 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pada kategori CBU, Suzuki XL7 berkontribusi sebesar 39 persen.

Untuk kategori CKD, Suzuki Karimun Wagon R berkontribusi 95 persen. Mobil mungil ini, sepanjang Januari hingga Oktober 2021, di mengekspor ke 49 negara yang tersebar di Asia, Timur Tengah, Amerika Selatan, Oseania, hingga Afrika.

Hal yang kurang lebih sama terjadi pada kendaraan roda dua Suzuki. Tiga motor andalannya untuk pasar ekspor adalah Satria F150 berkontribusi 62,6 persen, NEX II sebesar 11,9 persen, dan Address UK110 sebesar 7,2 persen pada tahun 2021 ini.

Tak hanya itu, ada Suzki GSX yang sudah melenggan hingga ke negara Eropa seperti Jerman, Belgia, Perancis, Italia dan negara Eropa lainnya. Pencapaian ini tentu membanggakan karena produk anak bangsa telah jauh melintasi Benua Biru.

 

Suzuki Ertiga salah satu mobil andalan Suzuki Indonesia yang diekspor ke sejumlah negara di dunia

Ekspor Spare Part Hingga Eropa

Sebagai pengekspor produk Suzuki bai mobil maupun motor, PT SIS pun bertanggung jawab untuk melengkapi produknya dengan layanan after sales, berupa penyiapan suku cadang atau spareparts, untuk menjamin kendaraan di negara tujuan ekspor tetap sehat.

Berkaitan dengan itu, Suzuki Indonesia juga sudah mengekspor berbagai spareparts ke hampir 40 negara untuk mengawal mobil dan motor asal Indonesia yang dikirim ke negara tujuan.

Domestic Spareparts Sales Sect. Head PT SIS, Dessy Karmilasari menjelaskan bahwa spareparts Suzuki tak hanya dijual di dalam negeri tapi sudah diekspor ke berbagai negara tujuan, dimana mobil-mobil asal Tambus tersebut dikirim ke negara tujuan.

"Spareparts Suzuki tidak hanya dijual di domestik. Tapi kami juga ekspor ke sekitar 40 negara. Ada negara Asia, ASEAN, dan Amerika Latin. Kontrisbusi penjualan eskpor spareparts terhadap total penjualan sparepart Suzuki adalah 20 persen," kata Dessy di GIIAS, BSD Tangerang, Jumat (19/11/2021)

"Jadi 80 persen spareparts kita prosuksi untuk pasar domestik dan 20 persen untk pasar ekspor," ujarnya.

Sebagai brand yang memrioritaskan layana maksimal bag konsumen, Suzuki Indonesia tak hanya mengirimkan spareparts. Mereka juga mengirimkan tenaga trainer ke negara-negara tujuan ekspor untuk melatih dan berbagi pengetahuan seputar spareparts, yang dikirimkan untuk mendukung kendaraannya

"Tidak hanya sparepart yang diekspor ke negara tujuan. Kita juga memberikan training baik itu melalui online, maupun kami mengrimkan trainer kami. Jadi apapun yang mereka butuhkan di negara tujuan ekspor, kami menyiapkan mulai dari trainingnya, kemudian buku perawatannya. Kalau negaranya pakai bahasa Jerman, harus ditranslate ke bahasa jerman," beber Section Head of 4W Servisce PT SIS, Purnomo.

Ia mencontohkan, Suzuki Indonesia sampai memiliki pusat trainer si salah satu pusat distributor spareparts di negara Eropa, yang aktif melakukan training terhadap pertner mereka di Eropa untuk melayani penjualan dan permintaan sparetparts motor Suzuki asal Indonesia.

"Contohnya motor. Kita juga kirimkan ke negara-negara Eropa, baik Jerman, Inggris dan negara Eropa lain di sekitarnya. Kami juga mengirimkan trainer. Jadi ada salah satu lokasi, yang menjadi pusat trainer di salah satu pusat distributor kami di Eropa, khusus untk melayani spareparts," ungkapnya.

Pelayanan maksimal yang diberikan Suzuki dalam hal layanan aftersales yang ramah hingga Negeri Eropa, menjadi gambaran kualitas produk dan layanan prima yang mereka berikan pada konsumen. Bukan hanya di pasar domestik, tapi juga di negara tetangga ASEAN hingga Eropa.

Hal ini menjadi kebanggan yang patut diapresiasi karena produk asal Tambun baik mobil maupun spareparts, bisa menembus pasar Eropa dan mendapatkan animo yang baik seiring ekspor Suzuki yang terus tumbuh.(elk)

TERKINI
Seorang Ketua Pengda dan 3 Ketua Pengcab HDCI Dilantik Bersamaan Pada Halal Bihalal HDCI di Sinar Mas Land Plaza Kemarin Masih Bertugas Sebagai Steward di Slalom Ancol, Nurie Salmun Berpulang Tadi Siang Karena Sakit Jantung Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong O-UNIVERSE: Sebuah Ekosistem Fesyen dan Teknologi OMODA untuk Dunia