RIP Sir Frank Williams, Pemilik Tim Legendaris F1 dengan 7 Pembalap Bergelar Juara Dunia

Senin, 29/11/2021 00:02 WIB

mobilinanews (Inggris) - Komunitas F1 berduka. Sir Frank Williams meninggal dunia beberapa saat lalu dalam usia 79 tahun. Meninggalkan torehan emas di sejarah Formula One.

Frank salah satu tokoh utama dan terlama di blantika balap F1, selama 50 tahun. Ia pendiri dan pemilik tim Williams yang hingga saat ini eksis di F1. Ia bawa Williams ke F1 pada 1970 setelah sebelumnya tim yang ia dirikan berkompetisi di ajang Formula 2 dan 3.

Pria Inggris yang pinggangnya lumpuh akibat kecelakaan mobil di jalan raya pada 1986 ini, sejak saat itu memimpin tim dari atas kursi roda.

Baru pada 2013 ia kurangi kegiatan di sirkuit. Manajemen tim di-handle putrinya, Claire Williams. Sayang, sejak awal musim 2021 ini, tim legendaris ini berpindah tangan setelah dibeli perusahaan investasi Dorilton Capital.

Pada masa jayanya, Frank yang dapat gelar kehornatan Sir dari kerajaan Inggris itu menghasilkan tujuh gelar juara dunia pembalap dan 9 gelar konstruktor.

Juara dunia F1 bersama tim Williams adalah Alan Jones (1980),  Keke Rosberg (1982), Nelson Piquet (1987), Nigel Mansell (1992), Alain Prost (1993), Damon Hill (1996), dan Jacques Villeneuve (1997).

Pembalap top Brasil, Ayrton Senna, juga jadi driver Williams saat celaka dan tewas di GP Imola 1994.

Sejak pagi tadi waktu Inggris, ucapan duka mengalir dari berbagai penjuru. Tak hanya dari komunitas F1, tetapi juga dari kalangan cabang olahraga lainnya.

Kepergian Frank dikonfirmasi resmi oleh tim Willams F1.

"Setelah dirawat di rumah sakit sejak Jumat lalu, pagi ini (Minggu, 28 November),  dengan perasaan duka mendalam kami umumkan kepergian pemimpin kami dengan tenang dengan dikellilingi keluarga. Beliau sosok yang sangat kami cintai dan inspirasional," bunyi pernyataan tim yang saat ini digawangi George Russell dan Nicolas Latifi.

President dan CEO F1 Stefano Domenicali mengaku terkejut menerima kabar kepergian Frank. Ia menerima kabar langsung dari Claire Williams lewat telepon.

"Ia adalah raksasa sejati di F1. F1 kehilangan sosok yang sangat dihormati dan dicintai," ucap Domenicali, mantan Team Principal Ferrari.

Pemimpin tim Williams saat ini, Jost Capito, juga berikan penghargaan dan penghormatan.

"Tim Williams Racing sangat berduka atas kepergian pendiri tim kami, Sir Frank Williams. Ia adalah ikon dan legenda di olahraga ini. Ia menjadikan tim kami salah satu yang paling sukses di F1," katanya.

RIP Sir Frank Williams 1942-2021! (rnp)

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap