F1 2021 Arab Saudi: Max Verstappen Tak Banyak Omong, Tenang, dan Situasi Sangat Tegang

Selasa, 30/11/2021 01:28 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Dingin. Begitulah karakter Max Verstappen yang terlihat sehari-hari. Kalah atau menang sikapnya sama saja.  Begitu pun jelang partai krusial di GP Arab Saudi pekan ini, ia tetap cool meski semua pihak mengunggulkan Lewis Hamilton.

Dari yang tadinya unggul 21 poin sebelum start GP Brasil, kini hanya dalam dua race jarak itu bisa dipangkas Hamilton dengan sisa hanya 8 poin. Jika akhir pekan ini di GP Arab Saudi kembali menang dan fastest lap sementara Verstappen P2 seperti di GP Qatar dua pekan lalu, maka keduanya memiliki total poin yang sama. Menuju seri terakhir di Abu Dhabi keduanya sama-sama miliki total poin 349,5.

Bila itu yang terjadi maka penentuan gelar terjadi di Abu Dhabi. Yang ditakutkan Toto Wolff selaku Team Principal Mercedes maupun Hamilton adalah tubrukan antara keduanya di seri terakhir. Sejak jauh hari Wolff sudah khawatir soal itu.

Demikian pun Hamilton yang beberapa kali menyinggung tak berharap ada kejadian seperti itu meskipun tak dipungkiri beberapa kali jadi taktik terakhir di lintasan.

"Itu tak mustahil terjadi, tapi itu bukan hal yang pernah saya pikirkan untuk dilakukan. Saya ingin peraihan gelar ditentukan oleh performa di lintasan. Bukan dengan accident meski itu bisa jadi sebagai taktik dan pilihan terakhir seorang pembalap," katanya.

Wajar jika Wolff dan Hamilton khawatir soal itu. Pasalnya, jika benar kedua pembalap memiliki poin sama ke Abu Dhabi dan kemudian keduanya terlibat tubrukan dengan hasil DNF maka yang jadi juara dunia 2021 adalah Verstapen.

Karena ia memiliki jumlah kemenangan yang lebih banyak dari Hamilton, 9 dan 8. Tapi, dengan catatan jika insiden itu terbukti sebagai racing incident semata, bukan kesengajaan.

Sebaliknya dengan Verstappen yang sama sekali tak pernah membahas kemungkinan seperti itu. Menurutnya hanya membuang-buang waktu. Seperti biasa, ia lebih suka `bicara` di lintasan dibandingkan bicara di media.

Dalam situasi genting seperti saat ini, misalnya, ia mengaku sama sekali tak terbebani oleh situasi maupun apa yang akan terjadi di kejuaraan dunia.

Ia pastikan dirinya masih tetap sama menjadi juara dunia atau tidak, tak ada yang berubah. Yang wajib ia lakukan hanyalah bersiap diri dan berjuang untuk menang.

"Saya tidak memikirkan hal-hal demikian. Saya akan berimprovisasi ketika saatnya tiba," kata driver Belanda itu yang ogah memikirkan hal-hal yang belum terjadi, terserah yang positif ataupun negatif.

"Jika saya tak memikirkan hal-hal positif maka dengan sendirinya saya juga tak memikirkan hal yang negatif. Saya berada di tengah keduanya, yang menurut saya paling cocok untuk saya," imbuhnya.

Gelaran F1 perdana di bumi Arab Saudi ini memang langsung menggetarkan. Sangat krusial dalam penentuan gelar 2021. Baik gelar pembalap maupun konstruktor di mana saat ini Mercedes hanya unggul 5 poin atas Red Bull Honda

Satu hal lagi, meski berada di atas angin sebagai favorit, sesungguhnya beban Hamilton sangatlah besar. Ia harus juara atau minimal finish di depan Verstappen agar peluang di Abu Dhabi semakin terbuka. Jika kalah di Jeddah maka perjuangan berikutnya amatlah berat.

Dan, bahkan ada potensi Verstappen bisa memastikan gelar 2021 jika ia bisa mengalahkan Hamilton dengan gap 17 poin di Jeddah, misalnya jika ia juara plus fastest lap sementara Hamilton hanya finish di luar 5 Besar atau formasi lain untuk dapatkan gap 17 poin itu.

Hitungan seperti itu tentu susah diharapakn mengingat pengalaman Hamilton yang sudah sangat matang dan terbiasa dengan tekanan. Tapi, soal nasib siapa yang tahu.

Apalagi sebagian besar trek Jeddah langsung berhadapan dengan pagar lintasan sebagaimana khas trek jalan raya di dalam kota. Tanpa gravel atau rumput. Siapa yang bisa jamin ia tak bakal crash di sana? (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda