Dukung Usahawan Muda, Astra Honda Motor Beri Pelatihan Hingga Modal Usaha

Rabu, 01/12/2021 16:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) – PT Astra Honda Motor (AHM) terus memberikan dukungan kepada pelaku usaha, utamanya para alumnus Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam program Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYPP).

Melalui program ini, para pemilik bengkel binaan Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) ini berbagi kiat sukses untuk menjaga keberlangsungan bisnisnya.

Pemilik bengkel binaan yakni I Putu Agus Eka Guncara Bisma asal Kabupaten Karangasem- Bali berhasil meningkatkan pendapatan hingga ± 18% per bulan di masa pandemi.

Alumni SMK Negeri 1 Manggis, Bali ini, menyampaikan beberapa kiat sukses kepada para pemilik bengkel binaan Yayasan AHM terpilih angkatan ketiga

"Agar bengkel tetap ramai dikunjungi konsumen dalam kondisi apapun, termasuk pandemi. Kita harus berupaya memberikan kenyamanan kepada konsumen saat berkonsultasi maupun menunggu servis, kelengkapan spare part, dan garansi servis untuk menjaga kepercayaan konsumen," papar I Putu Agus.

Melalui usaha bengkelnya ini, pemuda Bali yang lulus SMK tahun 2012 ini kini sudah mampu memberikan kesempatan bagi pelajar SMK untuk dapat Praktek Kerja Lapangan di bengkelnya.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin menyampaikan program pembinaan bengkel untuk para generasi muda ini diharapkan dapat membantu tercapainya kemandirian ekonomi untuk para pemilik bengkel.

"Berdasarkan hasil monitoring yang kami lakukan selama ini, bengkel binaan yang tergabung dalam AHYPP angkatan satu dan dua menunjukkan hasil kinerja positif meski kondisi usaha akibat pandemi dalam 1,5 tahun terakhir ini cukup sulit," ujar Muhibbuddin.

Saat ini, terdapat 20 bengkel AHYPP tersebar di 11 Provinsi di Indonesia yang pemiliknya merupakan alumni SMK binaan Teknis & Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda. Bengkel ini dibina Yayasan AHM sejak tahun 2017 untuk angkatan pertama dan mulai tahun 2019 untuk angkatan kedua.

Para bengkel binaan mendapatkan pelatihan teknis tentang sepeda motor Honda dan berbagai materi penting terkait dengan dunia perbengkelan seperti manajemen bengkel, pengelolaan spare part, pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dan pengenalan Safety Riding.

Selain itu para binaan juga diberikan materi tentang administrasi keuangan dan pengelolaan bengkel yang tidak kalah penting untuk perkembangan sebuah usaha bengkel.

Selain itu, Yayasan AHM juga memberikan akses permodalan tanpa bunga dengan tenor tertentu yang telah disepakati, serta bantuan renovasi tampilan interior dan eksterior untuk para bengkel binaan yang diharapkan akan membantu dalam mengembangkan usaha para pemilik bengkel binaan.(elk)

TERKINI
Mau Perbaiki Eksterior Mobil yang Rusak Setelah Mudik? Simak Tawaran Diskon Menarik Suzuki selama Mei 2024 Pebalap Astra Honda Arbi Aditama Siap Taklukan Tantangan Kelas Dunia di GP Catalunya Honda dan Komitmennya Elektrifikasi 100 Persen di Tahun 2040 Mengenang Ayrton Senna, Ducati Luncurkan Edisi Spesial Monster Yang Hanya Diproduksi 341 Unit