F1 2021 Arab Saudi: Edan, 27 Tikungan Sirkuit Jeddah Hanya 3 Kali Injak Rem!

Sabtu, 04/12/2021 02:18 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Usai FP1 di GP Arab Saudi barulah para pembalap bisa merasakan betapa cepatnya trek Sirkuit Jeddah yang sebelum ini dijuluki sirkuit tercepat di dunia. Tapi, di balik itu bahaya setiap saat mengintai. Bukan hanya mobil, diri pembalap pun terancam.

`Kejamnya` Sirkuit Jeddah digambarkan bos tim Alpine Marcin Budkowski berdasarkan data visual maupun angka yang mereka dapatkan dari rekaman sesi FP1 GP Arab Saudi. Kesimpulan itu senada dengan komentar pembalap senior tim eks Renault ini, Fernando Alonso.

"Fernando mengatakan sirkuit ini sangat menuntut konsentrasi dan skill mengemudi. Banyak tikungan buta dan kecepatan sangat tinggi di antara dua tembok lintasan. Pantang bikin kesalahan. Sedikit saja salah, ganjarannya sangat besar. Jika kamu  menabrak, kamu bisa hanucrkan mobil dan bahkan bisa melukai dirimu sendiri," kata Budkowski.

"Di sisi lain, ini sirkuit yang akan mempertunjukkan hiburan yang bagus buat penonton," imbuhnya.

Trek baru sepanjang 6,1 km yang didesain Hermann Tilke itu menyajikan 27 tikungan dan beberapa area yang menyempit dihimpit pagar/tembok lintasan di kiri kanan.

Saat latihan barusan tak ada insiden di area itu, tapi saat balapan sudah bisa dibayangkan jika terjadi rebutan masuk area menyempit itu dengan kecepatan tinggi.

Budkowski bercerita, dari 27 tikungan Jeddah hanya 14 tikungan yang akrab buat pembalap F1 karena faktor downforce yang dihasilkan. Dan, dari semuanya, hanya 3 tikungan yang mewajibkan driver injak rem, yakni T1, 13 dan 27. Selebihnya ya pintar-pintar pembalap memainkan transmisinya.

"Belokan 22, 23 dan 24 menyajikan pemandangan paling spektakular. Dinding di kiri kanan menyempit kala mobil bermanuver ke kiri dan ke kanan. ini salah satu zona yang berbahaya," lanjutnya.

Karakter sirkuit ini bisa jadi salah satu sebab Lewis hamilton hanya menang 0,056 detik atas Max Verstappen di sesi FP1. Beda jauh dengan keunggulan waktunya di GP Brasil dan Qatar.

Sangat mungkin Hamilton tampil tak seagresif Verstappen, tak lain karena faktor bahaya yang disebut Budkowski.

Maklum saja, Hamilton masih tertinggal 8 poin dari Verstappen sehingga wajib menghindari resiko sejak dini. (rnp)

 

TERKINI
Paguyuban Motor 4,5 Persen SiPalingPaham Turut Meriahkan The Distinguished Gentleman Ride 2024 di Jakarta: Kita Semua Sama Grup Motor Super Ugal Sunmori dan Kunjungi Warung Solo di Kemang: Parkirannya Luas Banget Bamsoet Hadiri HUT ke-6 Motor Besar Indonesia dan Resmikan Basko Auto Gallery di Jakarta Komunitas Toyota Hardtop Padang Gelar Aksi Sosial di Sungai Pinang, Pesisir Selatan, Membangun Sebuah Mushalla