Final Gokart 2021 : Penghitungan Poin Ganda, Putaran 6 Eshark Rok Cup Masih Ketat

Sabtu, 04/12/2021 17:38 WIB

mobilinanews (Bogor) - Putaran 6 atau terakhir Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup Indonesia 2021 yang berlangsung di Sentul International Karting Circuit (SIKC), Bogor, Sabtu - Minggu (4-5/12/2021) bakal berlangsung ketat dan seru. 

Pasalnya, belum ada pegokart yang telah memastikan diri menjadi juara nasional tahun ini. Meski beberapa diantaranya telah leading dalam pengumpulan poin. Pasalnya pada putaran penentuan kali ini, penghitungan poinnya double (dua kali lipat) dibanding putaran-putaran sebelumnya.

Ini memang yang menjadi daya tarik Kejurnas Gokart yang diselenggarakan oleh promotor nasional Eshark Motorsport, di mana selalu dikemas menarik dan persaingan memperebutkan juara nasional hingga putaran terakhir.

Hanya kelas Entry Level, kelas yang baru dilangsungkan pada musim ini, racenya dilangsungkan pada hari Sabtu. Selebihnya, raceday pada hari Minggu.

Di kelas Cadet, Gibran Raditya Febrian (SN Racing) memimpin dengan 1.039.5 poin dikuntit Omar Fahmi Bakadam (Tanada Racing Team) dengan 970.5, Michael Vino Satrio (ASR Motorsport) dengan 868.5, M Oliver Saade Sini (BMHS Racing Team) dengan 846 serta Mohammad Altaf Ridwan (Tanada RT) dengan 688.5.

Artinya, di Cadet masih sangat ketat dan bahkan cukup susah memprediksi siapa yang bakal mencuat sebagai juara nasional karena secara poin sangat rapat hingga pegokart. 

Namun dengan skill, konsistensi dan pengalaman, Ibam - sapaan Gibran Raditya - cukup berpeluang untuk memboyong trofi juara. Namun Omar Fahmi, Michael Satrio maupun Oliver juga masih memiliki kans cukup terbuka.

Di kelas Mini, meski Qarrar Firhand Ali (Tanada RT) memimpin di puncak klasemen dengan 1.806 belum bisa bernafas lega. Pasalnya, Rafael Kamal (Rehobat C&C) menguntit di urutan kedua dengan 1.455,5.   

Michah Vino Satrio (ASR) urutan ketiga dengan 1.387,3 serta Kimi Rae Fitriansyah (Mahata Racing) di urutan keempat dengan 1.382.5. 

Di atas kertas Qarrar memiliki peluang paling besar. Hanya saja, di putaran terakhir final berlangsung besok, diharapkan tidak ada kendala menyangkut gokart dan insiden yang merugikan salah satu pegokart.

Di kelas Junior, Daffa Ardiansya Boedihardjo (Daffa AB) dari P-Five Racing Team kokoh di puncak klasemen dengan 2.00,5, diikuti Kaenan Rito Sini (BMHS Racing Team) di urutan kedua dengan 1.325,5, Michael Orlando Kurniawan (Rehobat C&C) ketiga dengan 1.247, Malik Bintang Alisyahbana (SN Racing) keempat dengan 1.240,5, Kanaka Azarel Gusasi (Shadaff Motorsport) kelima dengan 1.118 serta Aditya Wibowo (BMHS Racing Team) dengan 1.135,5.

Daffa AB relatif paling aman untuk menyandingkan trofi juara nasional Eshark Rok Cup kelas Junior dengan juara nasional IDMC (Indonesia Digital Motorsport Championship) Piala Ketua MPR-RI yang telah lebih dulu dimenangkan.

Dengan deposit poin yang telah dikumpulkan selama 5 putaran, rasanya asal finish saja dari sesi Heat, Pre-Final dan Final esok, putra bungsu Irjen (P) Anang Boedihardjo bakal memboyong pulang trofi juara nasional.

Bagaimana dengan Aditya Wibowo yang dalam 2 round terakhir selalu menjadi juara 1? Sangat bagus tentu saja. Sayangnya, putra pengusaha dan penggila balap Andy Wibowo ini baru turun mengikuti Kejurnas Eshark Rok Cup 2021 pada round 3, sehingga secara poin sudah susah untuk mengejar pegokart yang mengikuti seluruh putaran tahun ini.

Di kelas Senior, Prassetyo Hardja (SN Racing) memuncaki klasemen dengan 1.923 poin, dikuntit Silvano Christian (ASR) posisi kedua dengan 1.576, Husein Shahab (Tanada Racing Team) ketiga dengan 1.058,5, Rava Mahpud (Rehobat C&C) keempat dengan 983, serta Davino Satrio Pratama (DSR Racing) kelima dengan 851,5.

Praktis perebutan juara nasional Senior menjadi milik dua pegokart senior dengan jam terbang tinggi : Prassetyo Hardja dan Silvano. Siapa paling siap dan dipayungi Dewi Fortuna, dialah bakal menjadi juara nasional 2021.

Kita tunggu Minggu besok ya, gaess. (bs)      

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag