Breaking News! Lewis Hamilton Disidang Stewards, Ini Perkaranya di F1 2021 Arab Saudi!

Minggu, 05/12/2021 00:09 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Kubu Mercedes dan Lewis Hamilton tak bisa tenang menuju sesi kualifikasi pada Minggu (5/12/2021) dinihari nanti WIB. Pasalnya, juara dunia 7 kali itu sudah masuk jadwal sidang stewards sejam sebelum sesi Q1 dengan potensi terkena penalti.

Kasus di FP3 yang menyedot perhatian adalah kesalahan hamilton usai melakukan flying lap dan melambatkan mobilnya.

Akibatnya dua pembalap di belakangnya terganggu saat melakoni flying lap-nya untuk mencetak best time masing-masing. Yang pertama adalah Pierre Gasly (AlphaTauri), yang sempat kagok dan ngerem di belakang mobil Hamilton.

Yang kedua dan ini lebih parah, menimpa pembalap rookie Nikita Mazepin (Haas). Driver muda Rusia itu sama sekali tak sempat pijak rem saat bertemu buntut W12 milik hamilton di sebuah tikungan.

Yang bisa dilakukan Mazepin hanyalah berkelit ke sisi kanan untuk menghindari bentrokan dengan sang juara dunia bertahan. 

Dari rekaman gambar kamera di mobilnya, Hamilton pun tampak terkejut dengan kejadian itu dengan sedikit membanting kemudinya ke kiri. Jarak kedua mobil saat itu hanya beberapa inci seperti tampak dalam gambar di atas.

FIA Race Director Michael Masi saat itu juga langsung bereaksi dengan menyalahkan tim Mercedes. Belakangan, ia dan para stewards sepakat menyidang hamilton jelang sesi kualifikasi.

Ternyata perkara yang dihadapi Hamilton bukan hanya soal insiden dengan Gasly dan Mazepin. Ada dugaan kesalahan lain yang tak kalah fatal, yakni mengabaikan bendera kuning yang berkibar ganda (dua bendera).

Jika terbukti bersalah, soal bendera kuning saja Hamilton berpotensi dihukum penalti mundur 5 posisi pada raceday Minggu (5/12/2021) esok. Belum lagi kasus dengan Mazepin jika ia terbukti bersalah.

Max Verstappen (Red Bull Honda) selaku satu-satunya pesaing Hamilton berebut gelar juara dunia 2021, punya pengalaman sama di GP Qatar lalu. Ia dihukum mundur 5  posisi karena abai soal bendera kuning ganda di sesi sebelumnya.

Tak ada yang bisa dilakukan Hamilton dan Mercedes dalam kasus ini selain menghadapi sidang para pengadil F1, sebentar lagi. (rnp)

TERKINI
Halal bi Halal Nissan Terrano Club Sumbar Diselingi Mini Adventure Offroad Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024