F1 2021 Arab Saudi: Petaka Verstappen di Lap dan Tikungan Terakhir QTT, Duo Mercedes Front Row

Minggu, 05/12/2021 02:03 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Duet Mercedes Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas mengawali start GP Arab Saudi, Minggu (5 Desember 2021), dari baris terdepan. Max Verstappen (Red Bull Honda) lakoni start dari P3 akibat kecelakaan dramatis saat flying lap terakhirnya di tikungan terakhir, sekitar 200 meter dari garis finish.

Jalannya sesi kualifikasi terakhir, Q3, dari awal sudah menegangkan. Terutama pada tensi rivalitas Hamilton dan Verstappen untuk berebut pole position.

Duet Mercedes pertama kali masuk trek. Di kesempatan pertama, Bottas bukukan pole sementara dengan catatan waktu 1:28,143. Sedangkan Hamilton gagal megukir waktu di kesempatan perdana itu. Mobilnya sempat slip di lintasan, berlari liar ke kanan dan ke kiri, tapi  untungnya sama sekali tak membentur tembok lintasan Sirkuit Jeddah yang kokoh.

Peristiwa itu sama sekali tak mengganggu konsentrasi Hamilton sebagai pembalap berpengalaman dengan koleksi 7 gelar F1. Di kesempatan berikutnya ia lampaui torehan waktu Bottas menjadi 1:28.035.

Namun, catatan itu dijawab Verstappen dengan 1:27,653 di kesempatan pertamanya yang kemudian dijawab lagi oleh Hamilton dengan waktu 1:27,511. Ini catatan terbaik Hamilton saat kesemptannya berakhir untuk mencetak waktu lagi.

Pada kesempatan terakhir Verstappen di menit terakhir kualifikasi, ia tampil sangat cepat. Dari hitungan waktu yang berjalan hingga titik ia kecelakaan, catatan waktunya sangat berpotensi melampaui Hamilton dan menjadi pole sitter. Sayang, ia tak seberuntung Hamilton sebelumnya.

Posisi 1-2 di garis start jelas sangat menguntungkan Mercedes. Bottas bisa jadi pemain kunci dalam persaingan Hamilton - Verstappen dalam perebutan gelar. Dengan istilah team order yang acap didengar, Bottas tentu sangat diharapkan Mercedes untuk membantu Hamilton sejak kesempatan pertama.

Tinggal ditunggu apakah pembalap Finlandia itu masih sudi melaksankan kewajiban yang ia benci itu atau tidak, karena dalam beberapa kesemptan sebelum ini terkesan ia membiarkan Hamilton dan Verstappen berjuang masing-masing.

Yang pasti, formasi start itu sangat menguntungkan jika Bottas masih mau membantu seperti peran yang ia jalani sejak 2017 mendampingi Hamilton. Tak heran kalau usai kualifikasi Hamilton memuji habis rekannya.

"Ia (Bottas) adalah rekan setim saya terbaik selama ini. Kolaborasi dengannya epik. Sangat luar biasa kami mendapatkan posisi start 1-2. Namun harus diakui orang-orang itu (Red Bull Honda) tampil cepat hari ini," kata Hamilton tanpa menyebut nama pesaingnya.

Bottas sendiri tak menjawab kemungkinan ia dapatkan perintah tertentu. 

"Trek ini sangat sulit. Jadi, kami harus fokus pada kejuaran tim dan Lewis," komentar Bottas singkat.

Verstappen sendiri mengaku tak mengetahui persis apa yang terjadi, karena ia menggunakan racing line yang sama seperti sebelumnya. hanya saja kecepatanmemang sedikit ia push untuk kejar pole position dan hampir ia dapatkan.

"Saya tahu kecepatan saya mencukupi untuk itu. P3 tentu mengecewakan karena mengetahui potensi lap yang saya jalani," kata driver Belanda berusia 24 tahun itu.

Sialnya, masalah Verstappen belum berhenti. Melihat kondisi mobilnya yang berhenti total usai kecelakaan, ada kekhawatiran ia harus ganti girboks untuk race besok. Tentu saja dengan konsekuensi grid penalty.

"Girboks? Saya belum tahu," jawab Verstappen yang unggul 8 poin atas Hamilton di klasemen.

Balapan berlangsung Minggu (5/12) pukul 20.30 waktu lokal atau Senin (6/12) pukul 00.30 WIB. (rnp)

URUTAN START RACE GP ARAB SAUDI, 5 DESEMBER 2021

1. Lewis Mamilton, 2. Valtteri Bottas, 3. Max Verstappen, 4. Charles Leclerc, 5. Sergio Perez, 6. Pierre Gazsly, 7. Lando Norris, 8. Yuki Tsunoda, 9. Esteban Ocon, 10. Antonio Giovanazzi, 11. Daniel Ricciardo, 12. Kimi Raikkonen, 13. Fernando Alonso, 14. George Russell, 15. Carlso Sainz Jr, 16. Nicholas Latifi, 17. Sebastian Vettel, 18. Lance Stroll, 19. Mick Schumacher, 20. Nikita Mazepin.

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag