F1 2021 Abu Dhabi: Terpapar Covid-19, Nikita Mazepin Gagal Ikuti Final F1 di Yas Marina

Minggu, 12/12/2021 18:51 WIB

mobilinanews (Abu Dhabi) - Lagi, virus Covid-19 menyerang pembalap F1. Kali ini menyambar pembalap debutan asal Rusia yang tarung dengan tim Haas, Nikita Mazepin. putra industrialis dan konglomerat Rusia itu pun gagal menikmati seri terakhir balap F1 musim 2021 di GP Abu Dhabi, 12-12-2021, malam ini WIB.

Pembalap rookie kontroversial itu (yang langsung terkenal di awal karir F1-nya karena merogoh dada seorang selebgram dan mempostingnya di medsos) diketahui gagal tes Covid-19 yang rutin dihelat F1.  Dengan status positif ia langsung masuk karantina di hotel dan gagal menuntaskan musim perdananya di F1 hingga garis terakhir.

Timm Haas secara resmi mengonfirmasi berita tersebut dan memastikan timnya pada laga final ini hanya diperkuat Mick Schumacher, putra sang legenda Michael Schumacher yang berulangkali ditimpa konflik dengan Mazepin, di dalam lintasan maupun dalam tim Haas.

"Nikita secara fisik baik-baik saja. Tak ada gejala apa pun. Tapi, ia harus mengasingkan diri sesuai aturan otoritas kesehatan, Bagi kami kesehatan dan keselamatan bagi semua pihak adalah prioritas," bunyi pernyataan tim asal AS itu.

Pembalap cadangan sekaligus tester Haas, Pietro Fittipaldi, sebenarnya ikut gabung dengan tim di Yas Marina. Namun, karena ia sama sekali tak ikut sesi sebelumnya maka ia tak boleh menggantikan Mazepin sesuai ketentuan FIA. Sesuai regulasi, pembalap pengganti minimal ikut salah satu sesi Free Practice atau kualifikasi.

Di GP Arab Saudi lalu Mazepin menjadi pemberitaan tersendiri karena nyaris menghantam mobil Lewis Hamilton dalam kecepatan tinggi. Keduanya selamat hanya karena dalam sepersekian detik Mazepin bisa berkelit ke sisi luar  dengan jarak hanya beberapa sentimeter dari tembok lintasan. Hamilton dinyatakan salah dan dapat peringatan tkeras FIA sementara timnya kena denda 25.000 euro atau sekiitar Rp 425 juta.

Sebelumnya pembalap F1 yang tercatat terpapar Covid-19 adalah Hamilton, Lance Stroll, Sergio Perez, dan Charles Leclerc. Sejumlah kru dan pemimpin F1 juga terpapar, terbaru adalah Jost Capito sang pemimpin tim Williams yang dinyatakan positif jelang GP Arab Saudi dan hingga saat ini masih dalam karantina di Inggris. (rnp)

TERKINI
GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya! Riding Clan of Classy, Ekspresikan Anak Muda Pengguna Yamaha Fazzio Hybrid di Surakarta Tekiro Adakan Servis Gratis di Kampus ITS Surabaya, Incar Terpelajar