Sean Gelael Juara Nasional Reli 2021, Rino Oestara : Top Nyetirnya!

Minggu, 12/12/2021 19:28 WIB

mobilinanews (Medan) - Perjalanan Sean Gelael di ajang Kejurnas Rally 2021 berakhir dengan status juara nasional. Sean Gelael memenangi putaran 1, sementara pada putaran 2 andalan Team Jagonya Ayam ini finish di posisi dua hari ini.

Sean tampil sama bagusnya pada putaran 2 seperti putaran I. Dia unggul jauh dari satu SS (Special Stage) ke SS lain, hanya beda lawan. Bila pada putaran 1 dengan Subhan Aksa, di putaran 2 dengan Nuno Pinto.

Pada Kejurnas Danau Toba Rally hari Minggu (12/12/2021) di kawasan perkebunan Aek Nauli dan Gorbus, Sumatera Utara, Sean berhasil menjinakkan sesama driver Team Jagonya Ayam, Nuno Pinto.

Dari 6 SS yang rencananya dilombakan, SS terakhir dibatalkan karena pertimbangan faktor safety (keamanan).

Sean unggul keseluruhan hingga SS4. Pada SS5 di saat balapan akan berakhir sekitar 5 km lagi dari 14 km panjang SS, Sean mengalami insiden. Mobilnya tergelincir yang membuat dia dan co-driver Hugo Ismael tak bisa menuntaskan SS pamungkas tersebut pada waktunya. 

Akibat insiden tersebut Sean/Hugo kena penalti 2,5 menit. Tambahan waktu tersebut membuat Sean terklasifikasi finish di posisi dua, di belakang Nuno.

Menjadi pemenang di putaran 1 dan runner-up putaran 2, akhirnya mengantar Sean Gelael menjadi juara nasional Kejurnas Rally 2021. Status juara nasional itu sendiri baru dikukuhkan kemudian oleh IMI, di sebuah acara penganugerahan.

"Saya mohon maaf kepada tim dan semua fans saya akibat insiden yang membuat gagal menang di Putaran 2. Penyebab insiden adalah rem terkunci dan mobil tergelincir begitu saja. Mobil tidak rusak parah, hanya tidak bisa segera dievakuasi," ujar Sean.

Nuno mengakui kecepatan Sean. "Sean sangat berhak memenangi Reli Danau Toba hari ini, karena dia amat cepat dan saya kira tidak bisa melawannya bila tidak ada insiden itu. Tapi balapan memang begitu, insiden bisa menimpa siapa pun," kata pembalap Portugal itu.

"Sean top nyetirnya. Yess, bener dia cocok di reli. Si Bule aja kalah waktu di SS. Kereeen Sean," ungkap Rino Oestara, pereli senior ikut mengomentari keandalan Sean Gelael di ajang reli. (bs)

Hasil Putaran II Kejurnas Rally 2021:

1. Nuno Pinto/Joao Agusto (Citroen) 51:59,3
2. Sean Gelael/Hugo Ismael (Citroen) 54:59,0
3. Glenn Nirwan/Adi Indiarto (Subaru) 56:09,2
4. Bimo Pradikto/M. Herkusuma (Mitsubishi) 56:43,4
5. Subhan Aksa/Mago Sarwono (Mitsubishi) 57:01,3

TERKINI
3.000 Lebih Konsumen Motor Honda Memilih Jadi Member Honda VIP Card Platinum Plus Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya IMI Pusat Menyurati Ketua IMI Nusa Tenggara Barat Terkait Pembatalan MXGP 2024 di Sumbawa dan Lombok, Ini Alasannya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta