F1 2021 Abu Dhabi: Bertempur Hingga Detik Terakhir, Ini Klasemen Akhir Pembalap dan Konstruktor

Senin, 13/12/2021 00:03 WIB

mobilinanews (Abu Dhabi) - Max Verstappen menjadi pembalap Belanda pertama juara dunia F1 setelah memenangi GP Abu Dhabi, Minggu, 12 Desember 2021. Sebuah perjuangan panjang untuk mengakhiri dominasi Mercedes dan Lewis Hamilton dalam 7 musim terakhir.

Dipastikan musim 2021 menjadi salah satu kompetisi terbaik atau bahkan terbaik yang pernah ada dalam sejarah. Rivalitas sengit dan seimbang dilakoni Hamilton (36 tahun) melawan pembalap generasi di bawahnya, Verstappen (24 tahun).  Bertarung panjang dalam 22 seri dalam satu musim, rivalitas mereka juga penuh kontroversi.

Dan, sejak era hybrid pada musim 2014, inilah musim pertama Mercedes mendapat lawan sepadan dari tim lain. Baik dalam perburuan trofi kejuaraan dunia pembalap maupun konstruktor. Terutama di kejuaraan pembalap di mana kedua driver unggulan itu saling mengalahkan dan hampir semuanya berjalan alot, plus berbagai kontroversi di beberapa race.

Verstappen muncul musim ini sebagai pemecah kebosanan pada F1 karena itu-itu saja yang menang. F1 kembali jadi tontonan menggiurkan saat ia mampu mengutak-atik kekuatan Mercedes yang begitu dominan.

 Ia sudah unggul 31 poin pada medio Juli lalu, namun dalam beberapa race kemudian bisa dikejar Hamilton, salah satu karena berkat tubrukan kontroversial di GP Inggris. Saat mobilnya berbenturan dengan Verstappen dengan hasil ia juara sementara Verstappen DNF dan bahkan harus dilarikan ke rumah sakit.

Jelang race GP Brasil, Hamilton kembali terancam karena ketinggalan lagi hingga 21 poin dari lawan yuniornya. Tapi, yang terjadi dalam tiga race berikutnya, kompetisi F1 sampai pada level yang sama sekali tak terduga.

Tapi, di sisi lain melambungkan balapan ini sebagai acara tontonan terbaik secara langsung di sirkuit maupun televisi.

Juara beruntun di Brasil, Qatar dan Arab Saudi menjadikan Hamilton berbalik di atas angin. Jumlah poinnya sama dengan lawan menuju seri terakhir di Abu Dhabi. Dengan demikian siapa pun yang finish duluan di Yas Marina akan jadi juara dunia 2021.

Dan, semua tahu apa yang kemudian terjadi di hari ini. Verstappen raih gelar lewat jalur  penuh drama hingga detik terakhir musim 2021 berakhir.

Bisa jadi masih ada kontroversi yang tersisa berkat keputusan FIA Race Director Michael Masi yang menyuruh Verstappen merapat ke  samping Hamilton untuk tarung head to head versus Hamilton di lap terakhir, sesaat setelah mobil Safety Car keluar.

Keputusan yang membuat Mercedes geleng-geleng kepala, juga membuat fans Hamilton berteriak di medsos kalau gelar pembalap idolanya telah dirampok oleh sang direktur balap.

Namun, di sisi lain, Hamilton dengan sportif memberikan ucapan selamat kepada rivalnya. Tak ada keluhan darinya seusai balapan. Yang jelas, usai balapan juga tak ada atau belum ada protes dari kubu Mercedes.

"Yang pertama saya ucapkan selamat buat Max. Ia sudah bertarung hebat musim ini. Tentu saya kecewa kehilangan gelar, tapi kami masih jadi juara konstruktor dan itu membanggakan seluruh anggota tim. Kami secara tim sudah bekerja luar biasa sepanjang tahun. Saya sendiri sudah mengeluarkan seluruh kemampuan. Kami sangat kompetitif, itu sangat penting. Ini salah satu kompetisi terbaik yang saya jalani," kata Hamilton.

Tentu saja Verstappen pun memuji Hamilton sebagai salah satu pembalap F1 terbaik sepanjang sejarah.

"Menyenangkan bisa bertarung dengan pembalap sekelas dirinya. Ia luar biasa hebat dan sulit dikalahkan. Saya akui keberhasilan hari ini tak lepas dari faktor keberuntungan," kata Verstappen.

Keberuntungan yang dimaksud adalah kecelakaan (Kimi Raikkonen dan Nicholas Latifi) di Abu Dhabi yang mendatangkan Virtual  dan Safety Car. Memungkinkannya masuk pit mengganti ban untuk merapat kembali ke Hamilton yang tadinya sudah unggul jauh.

Dan, keputusan Michael Masi, juga sebuah keberuntungan karena Verstappen baru ganti ban ke kompon lunak sedangkan Hamilton masih dengan kompon hard yang sudah berusia 31 laps. (rnp)

KLASEMEN AKHIR PEMBALAP F1 2021

021 Driver Standings

POSDRIVERNATIONALITYCARPTS
1Max VerstappenNEDRED BULL RACING HONDA395.5
2Lewis HamiltonGBRMERCEDES387.5
3Valtteri BottasFINMERCEDES226
4Sergio PerezMEXRED BULL RACING HONDA190
5Carlos SainzESPFERRARI164.5
6Lando NorrisGBRMCLAREN MERCEDES160
7Charles LeclercMONFERRARI159
8Daniel RicciardoAUSMCLAREN MERCEDES115
9Pierre GaslyFRAALPHATAURI HONDA110
10Fernando AlonsoESPALPINE RENAULT81
11Esteban OconFRAALPINE RENAULT74
12Sebastian VettelGERASTON MARTIN MERCEDES43
13Lance StrollCANASTON MARTIN MERCEDES34
14Yuki TsunodaJPNALPHATAURI HONDA32
15George RussellGBRWILLIAMS MERCEDES16
16Kimi RäikkönenFINALFA ROMEO RACING FERRARI10
17Nicholas LatifiCANWILLIAMS MERCEDES7
18Antonio GiovinazziITAALFA ROMEO RACING FERRARI3
19Mick SchumacherGERHAAS FERRARI0
20Robert KubicaPOLALFA ROMEO RACING FERRARI0
21Nikita MazepinRAFHAAS FERRARI0

HASIL AKHIR KLASEMEN KONSTRUKTOR F1 2021

1MERCEDES613.5
2RED BULL RACING HONDA585.5
3FERRARI323.5
4MCLAREN MERCEDES275
5ALPINE RENAULT155
6ALPHATAURI HONDA142
7ASTON MARTIN MERCEDES77
8WILLIAMS MERCEDES23
9ALFA ROMEO RACING FERRARI13
10HAAS FERRARI0

 

TERKINI
GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya! Riding Clan of Classy, Ekspresikan Anak Muda Pengguna Yamaha Fazzio Hybrid di Surakarta Tekiro Adakan Servis Gratis di Kampus ITS Surabaya, Incar Terpelajar