Bamsoet Apresiasi Kiprah IMI Provinsi Gelar Kejuaraan Balap di Daerah

Selasa, 14/12/2021 01:01 WIB

mobilinanews (Bogor) - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo bersama para Ketua IMI Provinsi melakukan konsolidasi organisasi  menyambut tahun 2022 dengan penuh optimisme.

Sekaligus Bamsoet mengapresiasi kiprah pengurus IMI Provinsi yang telah menyelenggarakan berbagai kejuaraan balap di daerahnya sepanjang 2021 ini.

Seiring mulai berkurangnya penyebaran virus Covid-19, diharapkan pada 2022 nanti berbagai kejuaraan balap yang sempat tertunda, mulai antar klub, regional, nasional, hingga internasional, bisa kembali terlaksana. Tahun 2022 harus diisi dengan sebanyak mungkin kegiatan balap di berbagai daerah.

"Sejak Juni 2021, IMI telah menggratiskan pembuatan Kartu Izin Start Internasional dan Start Permission, serta biaya pendaftaran penyelenggaraan event internasional. Sehingga pembalap Indonesia yang akan bertanding di luar negeri tak lagi direpotkan dengan urusan administrasi birokrasi. Fasilitas ini harus dimanfaatkan oleh IMI Provinsi untuk mengirimkan sebanyak mungkin pembalap dari daerahnya untuk menikmati balapan di luar negeri," ujar Bamsoet saat menerima para Ketua IMI Provinsi, di sela Kejuaraan Nasional Balap Motor Bebek Piala Presiden Republik Indonesia, di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/12/2021).

Para Pengurus IMI Provinsi yang hadir antara lain, Ketua IMI Lampung Dadek, Ketua IMI Kepulauan Riau Usep Rahmat, Ketua IMI Sumatera Barat Defri Nasli, Ketua IMI Jambi Syafruddin, Ketua IMI Bengkulu Putrawan Jaya, Ketua IMI Bangka Belitung Wahyu Dwi Cahyono, Ketua IMI Jawa Barat Fachrul Sarman, Ketua IMI NTB Edo, Ketua IMI Kalimantan Utara Sulis Krisbowo,dan Ketua IMI Kalimantan Tengah Juferi Simon.

Hadir pula pengurus IMI Pusat, antara lain Badan Pengawas Brigjen Pol Syamsul Bahri, Badan Pembina Tinton Soeprapto, Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Sadikin Aksa, Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil Ananda Mikola, Wakil Ketua Umum Organisasi M Riyanto, Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis dan Andrys Ronaldi, Komunikasi dan Media Sosial Dwi Nugroho dan Hasby Zamri, Komisi Sosial Dwi Aroem Hadiatie dan Aris Birawa, Komisi Wisata Roy Wicaksono, dan Deputi Olahraga Mobil IMI Pusat Lola Moenek.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, sepanjang 2021, keluarga besar IMI telah menyelenggarakan berbagai event Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan juga Internasional.

Untuk sepeda motor, Kejurnas yang diselenggarakan antara lain Kejurnas OnePrix sebanyak 3 putaran, diselenggarakan pada 19-20 Juni 2021; 18-19 September 2021; dan 14-15 November 2021, seluruhnya di Sentul International Karting Circuit,  Bogor.

Ada juga Kejurnas MotoPrix, yang diselenggarakan pada 18-19 September 2021 di Skyland Sekayu Musi Banyuasin, Sumatera Selatan dan 4-5 Desember 2021 di Zabaq Nasional Circuit Jambi.

"Puncaknya ada Kejurnas Balap Motor Bebek Piala Presiden Republik Indonesia pada 11-12 Desember 2021 di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor. Sedangkan untuk level internasional, kejuaraan sepeda motor yang diselenggarakan FIM Asia Talent Cup (ATC) 2021 dan World Superbike 2021 pada 19-21 November 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Parta Golkar ini menerangkan, untuk olahraga mobil, Kejurnas yang telah diselenggarakan antara lain, Kejurnas Reli di kawasan Danau Toba Sumatera Utara pada 12-13 Desember 2021; Kejurnas Sprint Rally sebanyak 4 seri, mulai April-Desember 2021; Kejurnas Drag Race 5 putaran; Kejurnas Slalom 3 putaran, Kejurnas Time Rally 1 putaran, Kejurnas Drifting 3 putaran. Tidak ketinggalan juga Kejurnas balap mobil Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) di sirkuit Sentul International sebanyak 6 putaran.

"Tahun 2022 nanti, keluarga besar IMI akan kembali menyukseskan berbagai kejuaraan balap dunia. Antara lain MotoGP pada 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit; Jakarta E-Prix (Formula E) pada 4 Juni 2022; MXGP pada 26 Juni dan 3 Juli 2022 yang rencananya digelar di Yogyakarta dan di Bali atau NTB; hingga Asia Pacific Rally Championship (APRC) yang rencananya diselenggarakan di Sumatera Utara," pungkas Bamsoet. (bs)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda